IMG 20220601 WA0063
IMG 20220601 WA0063

Bupati Basel Panen Raya Percontohan Budidaya Ikan Nila

AIRGEGAS, KABARBABEL.COM – Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid melakukan panen raya percontohan budidaya ikan nila di Kolam Air Tawas Desa Airbara Kecamatan Airgegas, pada Selasa (31/5).

IMG 20220601 WA0064
IMG 20220601 WA0064

Dalam kesempatan tersebut Riza mengatakan bahwa program budidaya ikan air tawar ini merupakan salah satu upaya pemenuhan gizi atau protein lokal dalam rangka penanggulangan stunting di Kabupaten Basel.

“Karena menurut berbagai penelitian terbukti dengan mengkonsumsi ikan air tawar ini mampu meningkatkan kualitas gizi masyarakat, kandungan nutrisi pada ikan dapat mencegah terjadinya stunting pada anak-anak dan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk masa tumbuh kembang anak,” ujarnya.

Kendati begitu, tujuan lain program ini juga sebagai upaya peningkatan ekonomi melalui kewirausahaan masyarakat.

“Hasil dari apa yang dilakukan Desa Airbara sangat luar biasa dan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya. Untuk desa-desa lainnya yang belum mengajukan program budidaya ikan air tawar ini segera ajukan, dan pemerintah daerah akan membantu memberikan bibitnya,” ucapnya.

Meski demikian, harga ikan air tawar ini juga bernilai ekonomis berkisar antara Rp40 ribu – Rp50 ribu perkilogram.

“Ikan ini yang sudah sering dijual masyarakat Desa Airbara ini dan Alhamdulillah ini salah satu cara kita untuk meningkatkan taraf perekonomian di desa-desa,” ungkapnya.

Kemudian Bupati Riza juga berharap desa lain yang ada di Kabupaten Bangka Selatan untuk mengikuti jejak program Desa Airbara dalam melakukan program budi daya ikan air tawar.

“Terimakasih untuk Desa Airbara yang sudah maksimal mengelola bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan saya harap desa-desa lainnya bisa mengikuti jejak Desa Airbara ini karena apa yang dilakukan desa ujung-ujungnya untuk ekonomi rakyat,” pungkas Riza.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Bangka Selatan AKBP Joko Isnawan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Muhson serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Pengurus Pokdakan Airbara dan tamu undangan.(dev)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *