IMG 20220318 WA0025
IMG 20220318 WA0025

Kejari Basel Gelar Bersih-bersih Pantai Bertajuk Jaksa Menyapa Lingkungan

TOBOALI, KABARBABEL.COM – Aksi bersih-bersih kembali dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Mayasari bersama jajaran jaksa dan staf pada Jumat (18/3) pagi.

Pada kali ini, aksi bersih-bersih sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan tersebut dilakukan di sebuah pantai yang terletak di kawasan Tanjung Labun, Dusun Limus, Desa Serdang, Kecamatan Toboali.

Kajari Basel Mayasari saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan mengungkapkan, aksi bertajuk ‘Jaksa Menyapa Lingkungan’ ini dilaksanakan pihaknya sebagai wujud nyata mendukung pariwisata di Basel agar semakin memesona.

Selain itu, tujuan dari pada kegiatan itu sendiri juga untuk memberikan contoh bagi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Ini terlihat dari puluhan sampah berbagai jenis yang berhasil dikumpulkan terutama sampah plastik.

“Sampah ini kalau tidak dibersihkan iya akan cukup berbahaya bagi kesehatan. Bayangkan, baru lima menit, sampah yang terkumpul sudah ada puluhan kantong, apalagi aksi ini dilakukan dua atau tiga jam, cukup banyak yang terkumpul,” kata Mayasari.

Ia menuturkan pada dasarnya, sesuai perannya, kejaksaan memiliki fungsi pencegahan baik itu kejahatan, kriminalitas dan lainnya. Namun di luar daripada itu, tidak ada salahnya jaksa
melakukan pencegahan kejahatan terhadap lingkungan.

“Dalam hal ini, Kejari Basel berupaya peduli terhadap lingkungan dan ini bukan merupakan hal baru sebab sejak jauh hari sudah kami lakukan. Juga kita coba mengingatkan warga bahwa kebersihan terhadap lingkungan harus dilakukan,” tuturnya.

“Terlebih lagi Basel merupakan tujuan wisata. Dan memang, akhir akhir ini,  beberapa kawasan pantai di Basel banyak dikotori oleh sampah kiriman sehingga cukup mengganggu pemandangan dan keindahan pantai,” sambung dia.

Ia harap, upaya ini juga bisa membantu Pemkab Basel dalam upaya menjaga kelestarian pantai dan pariwisata daerah. Hanya saja, peran masyarakat juga sangat penting dalam menciptakan kemajuan pariwisata itu sendiri.

“Kuncinya harus dimulai dari diri sendiri menanamkan kesadaran akan pentingnya lingkungan. Dan lewat aksi ini, kami ingin mengkampanyekan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar pantai, rumah kantor dan sebagainya,” jelasnya.(dev)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *