IMG 20220127 WA0024
IMG 20220127 WA0024

Tradisi Jelang Imlek, Warga Tionghoa Bangka Bersih Rumah, Ini Maknanya

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Menyambut Tahun Baru Imlex 2573 yang jatuh pada 01 Februari 2021, warga Tionghoa di Kabupaten Bangka mulai membersihkan kediaman. Seperti membersihkan langit-langit rumah, perkarangan, mencuci, merapikan, membuang barang yang tidak diperlukan lagi dan sebagainya. 

“Bersih-bersih rumah ini merupakan wujud membersihkan diri/anggota keluarga dari semua nasib buruk ditahun sebelumnya. Dan ini diharap mendatangkan keberuntungan/nasib baik, baik dalam beraktivitas maupun didalam kehidupan,” kata Fu Nam Cen (74) salah satu warga Tionghoa Bangka asal Kp Hakok Sungailiat, Kamis (27/01). 

Dikatakannya, memasuki tahun baru ini pula bearti saatnya rezeki baru masuk. Membersihkan rumah ini juga sudah merupakan tradisi turun-temurun yang dilaksanakan sejak beberapa hari sebelum tahun baru imlek. 

“Jadi membersihkan rumah dianggap telah membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. Sehingga saat tahun baru tiba, keberuntungan/nasib baik masuk didalam kehidupan,terutama pada keluarga yang ada didalam rumah,” ungkapnya. 

Selain itu, siap tahun baru Imlek tiba, rata-rata setiap anggota keluarga yang ada di rantauan, biasanya kembali atau pulang ke kampung halaman. Kepulangan ini pula guna merayakan Imlex bersama orang tua maupun saudara tercinta akan lebih terasa. 

“Menyambut Imlek ini pula, didalam rumah dihiasi dengan pernak-pernik Imlex berwarna merah yang melambangkan kesejahteraan, kuat dan membawa keberuntungan. Salah satunya seperti pemasangan lampion warna merah yang digantungkan didepan rumah. Lampion warna merah tersebut merupakan unsur pokok tradisi Tionghoa yang dipercaya sebagai simbol kebahagian dan keberuntungan dengan penuh harapan,” ujarnya yang kerap disapa Ko Acen ini.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *