IMG 20210915 WA0043
IMG 20210915 WA0043

Terima Sembako, Warga Airruai Rasakan Langsung Dampak Positif dari Aktivitas Pertambangan

PEMALI, KABARBABEL.COM – Puluhan warga Desa Airruai, Kecamatan Pemali mendapat bantuan paket sembako. Bantuan diserahkan pihak pengelola tanah almarhum (Alm) H.M.Kusrin didampingi pihak desa dari hasil usaha penambangan timah.

Penyerahan dilakukan di rumah Dedi Damhuri alias Edi Bariah selaku pengurus usaha tambang Alm.H.M.Kusrin, Rabu (15/9) pagi. Paket sembako berupa beras, minyak sayur dan lainnya diserahkan langsung kepada warga yang layak menerima bantuan.

Edi Bariah menjelaskan, ada 65 paket sembako yang dibagikan hari ini. Sebelumnya, pembagian juga dilakukan dengan jumlah paket sembako yakni 53 paket sembako.

“Kita juga memberi bantuan dari penyisihan hasil usaha untuk musalla, pesantren dan masjid. Khusus bantuan untuk warga, ditujukan kepada warga yang paling membutuhkan dahulu,” kata Edi.

Kata dia, usaha yang dijalankan baru berlangsung tiga minggu dan pihaknya dimintai ahli waris H.M. Kusrin untuk menata penyaluran bantuan.

“Untuk bantuan ini pun kita hanya mengambil bagi yang memiliki hasil timah agak lumayan. Yang sedikit nggak. Kita berusaha saling membantu dan menjaga kepercayaan, jadi tidak sekehendak kita,” sebutnya.

Salah satu keluarga dari Alm.H.M.Kusrin, Rustamto, mengutarakan, nantinya usaha di lahan tersebut bila kembali memberikan hasil, kembali ada bantuan untuk warga. Namun usaha yang tak pasti hasilnya ini bisa saja bantuan terhenti bila hasilnya tak lagi memungkinkan.

“Kalau nanti ada hasil pasti akan ada lagi yang dibantu. Bantuan seperti ini akan nyambung lagi. Kalau tidak ada, ya mungkin sudah tak ada lagi nanti,” ujar Rustamto.

Ia tambahkan bantuan ke warga menindaklanjuti rintisan yang dilakukan Alm.H.M.Kusrin selaku pemilik tanah sejak lama di lokasi. Bertepatan dengan pandemi Covid-19, bantuan diharap meringankan beban warga.

Kades Airruai, Rozalie menyatakan, seiring meningkatnya harga timah kondisi masyarakat di Airruai cukup terbantu dengan penambangan.
Bantuan sebagai sarana berbagi pun diharap untuk menghindari gejolak di masyarakat.

“Alhamdulillah kita bersyukur dengan adanya kegiatan ini, terutama kita ucapkan terimakasih terhadap keluarga besar Pak H.M. Kusrin, Pak Rustamto dan Pak Dedi Damhuri,” kata pria yang disapa Cali ini.

Pihaknya mengapresiasi bantuan yang disalurkan ke berbagai pihak seperti warga, pesantren, musala masjid dan TPA. Mengingat bila bantuan harus selalu mengandalkan dana di desa terkendala anggarannya terbatas.

“Kami berharap ini berlanjut dan aktivitas usahanya berlanjut. Pembagian seperti ini nanti bisa tidak hanya di sini, tetapi bisa dirasakan seluruh masyarakat Airruai lainnya,” tutupnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *