Mencuci tangan merupakan aspek penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Pasalnya, tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang banyak digunakan untuk menyentuh atau memegang barang. Hal tersebut, menjadikannya berisiko terkena bakteri atau virus yang menempel.

Cara cuci tangan yang benar juga harus memperhatikan langkah-langkah yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yakni dilakukan secara urut dan menggunakan sabun cuci tangan yang tepat. Kira-kira bagaimanakah urutan yang tepat dalam mecuci tangan agar terhindar dari kuman? Berikut ini penjelasannya.

Langkah Mencuci Tangan agar Terbebas dari Kuman

Kuman penyebab penyakit dapat menjangkit tubuh melalui tangan yang kotor akibat menyentuh barang yang terkontaminasi oleh virus. Maka, penting sekali untuk sering mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas serta sebelum makan. Adapun langkah mencuci tangan yang tepat agar terbebas dari kuman yakni sebagai berikut.

1.Basahi Tangan dengan Air Mengalir

Langkah pertama mencuci tangan, yakni membasahi tangan dengan air mengalir. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kotoran dan virus yang menempel di tangan. Anda sebaiknya menggunakan air mengalir agar kotoran bisa langsung terbuang.

Jika Anda menggunakan air yang berada di dalam wadah seperti gayung justru berpotensi virus akan menyebar ke seluruh permukaan tangan. Maka, sangat dianjurkan menggunakan air mengalir, baik hangat ataupun dingin.

2.Pakai Sabun Cuci Tangan Secukupnya

Cara cuci tangan berikutnya, yakni dengan menggunakan sabun cuci tangan antibacterial untuk membunuh kuman yang menempel pada tangan. Penggunaan sabun cuci tangan sangatlah penting, pasalnya air saja tidak cukup digunakan untuk membunuh kuman.

Sebaiknya pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung antibacterial dan juga moisturizer. Moisturizer ini akan berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit tidak menjadi kering dan kasar meskipun sering cuci tangan.

3.Gosok Kedua Tangan Bergantian

Manfaat cuci tangan tentu saja tidak hanya membersihkan kuman tetapi juga menghilangkan bau tidak sedap pada tangan. Sehingga, ketika Anda mencuci tangan sebaiknya gosok seluruh permukaan tangan secara bergantian sambil sesekali ditekan untuk memastikan tangan benar-benar dalam kondisi bersih.

4.Bersihkan Sela-sela Jari Tangan dan Ujung Kuku

Sela-sela jari tangan dan ujung kuku menjadi salah satu bagian yang seringkali dilupakan saat cuci tangan. Padahal, bagian tersebut justru menjadi sarang bertumbuhnya kuman karena letaknya berada di lekukan.

Sebaiknya, gunakan sikat kecil untuk menyikat ujung-ujung kuku dan juga sela-sela tangan agar tidak ada kotoran yang tersisa. Cara cuci tangan yang benar dan menyeluruh dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit akibat kuman.

5.Bilas Sabun dengan Air Mengalir

Setelah memastikan seluruh bagian tangan bersih, langkah selanjutnya yakni membilas tangan dengan air yang mengalir. Pastikan tidak ada kotoran atau busa yang tertinggal di tangan Anda. Salah satu tanda tangan Anda sudah bersih yakni kesat dan tidak licin.

6.Keringkan Tangan dengan Kain Bersih

Langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni mengeringkan seluruh bagian tangan dengan kain bersih atau tisu. Pastikan tidak ada air yang menetes di tangan Anda. Sehingga, tangan menjadi kering dan nyaman jika digunakan untuk beraktivitas kembali.

Pilih Sabun Cuci Tangan Berkualitas dan Murah di Blibli

Cara cuci tangan yang benar juga harus diimbangi dengan produk sabun cuci tangan yang tepat. Sebab, air saja tidak cukup untuk membunuh kuman yang menempel di tangan. Dengan begitu, Anda perlu memilih sabun cuci tangan yang efektif membasmi kuman.

Adapun waktu cuci tangan yang benar dan dianjurkan oleh kesehatan, yakni sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Saat Anda beraktivitas seringkali tidak mengetahui apakah barang yang Anda sentuh tersebut terkontaminasi virus atau tidak. Sehingga, sangat dianjurkan untuk sesering mungkin mencuci tangan.

Kebiasaan mencuci tangan harus dibiasakan sejak dini. Maka dari itu, pilihlah sabun cuci tangan yang aman digunakan semua umur sekaligus mengandung antibacterial. Blibli merupakan salah satu marketplace yang menyediakan berbagai produk cairan pencuci tangan anti kuman yang berkualitas untuk Anda. Ada berbagai varian aroma dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Blibli menjadi salah satu marketplace yang banyak memberikan penawaran menarik dan diskon belanja besar-besaran. Melalui aplikasi Blibli, Anda dapat belanja seluruh kebutuhan rumah tangga hanya dari rumah saja. Selain itu, ada berbagai metode pembayaran yang ditawarkan, mulai dari transfer, cod, ataupun gerai-gerai yang bekerja sama dengan Blibli. Unduh aplikasi Blibli sekarang juga dan nikmati kemudahan dalam berbelanja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *