TOBOALI, KABARBABEL.COM – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan (Basel) terpilih Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 secara resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel, Sabtu (23/1) di Grand Maria Hotel Toboali.

Paslon terpilih dengan jargon BERDOA itu ditetapkan KPU melalui Surat Keputusan KPU Bangka Selatan No: 1/PL.02.7/-Kpt/1906/KPU-Kab/2021 tentang Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan tahun 2020.

Ketua KPU Basel Amri menyebut kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan surat KPU RI No: 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 tanggal 20 Januari 2021 tentang penetapan pasangan calon terpilih Pemilihan Serentak tahun 2020 dengan merujuk pada Surat Panitera Mahkamah Konstitusi (MK).

Dengan Nomor Surat : 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2020 tentang keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kot tahun 2021. Dimana pada Pilkada 2020 kemarin Paslon Riza-Debby dengan nomor urut 4 itu berhasil meraup suara sebanyak 40.345 atau 41,5 persen dari total suara sah.

“Penetapan hari ini didasari pada surat KPU RI pada 20 Januari 2021 lalu, dimana KPU RI juga merujuk pada surat panitera MK sehingga KPU Basel menetapkan Riza Debby sebagai Paslon terpilih sesuai hasil pleno rekap suara yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Basel Sahirin melalui Divisi Hukum, Penindakan dan Pelanggaran Pilkada (HPPS) Erik mengatakan, penetapan paslon terpilih yang dilakukan oleh KPU Bangka Selatan tersebut sudah memenuhi kententuan yang berlaku.

“Penetapan paslon terpilih yang dilakukan hari ini sudah sesuai regulasi dan memang gugatan untuk di MK tak ada, sehingga setelah surat Panitera MK keluar dan keputusan KPU RI, KPU kabupaten sudah bisa menetapkan paslon terpilih paling lama 5 hari dari terbitnya keputusan KPU RI,” ucapnya.

Atas penetapan itu, Calon Bupati terpilih Riza Herdavid mengapresiasi seluruh jajaran penyelenggara Pilkada baik itu KPU maupun Bawaslu. Pasalnya, Riza menilai KPU dan Bawaslu sudah bekerja dengan profesional dari awal mula tahapan hingga proses penetapan pada hari ini.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada pihak keamanan TNI, Polri dan unsur terkait lainnya yang telah bekerja keras dalam mengamankan jalannya Pilkada Basel sehingga berjalan lancar dan sukses. Juga kepada parpol dan tim sukses yang telah bekerja keras mendukung kami,” katanya.(dev/kbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *