IMG 20220708 WA0071 1
IMG 20220708 WA0071 1

Marak Wabah PMK, Polres Basel Gelar Operasi Aman Nusa II Jelang Idul Adha 2022

TOBOALI, KABARBABEL.COM – Polres Bangka Selatan (Basel) melaksanakan Operasi Aman Nusa II secara terpusat guna menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Kasatgas Nomor 2 tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan (Prokes) Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Operasi Aman Nusa II ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Polri terhadap kebijakan pemerintah pusat dalam rangka menanggulangi penyebaran PMK yang marak terjadi pada hewan ternak jelang Hari Raya Idul Adha 2022.

Saat ditemui di kandang sapi milik H Yusuf di kawasan Temayang, Toboali, Kapolres Basel AKBP Joko Isnawan melalui Kabag Ops Kompol Hari Kartono mengatakan, pihaknya dalam hal ini akan terus mengedukasi tentang PMK.

“Hari ini kami mengedukasi para peternak tentang PMK bagaimana cara mencegah wabah virus ini dan apa langkah pertama yang harus dilakukan. Seperti mengkarantina hewan jika terdapat ciri-ciri PMK,” ujarnya, Jumat (8/7) pagi.

Bilamana di lapangan menemukan hal yang mencurigakan pada hewan, kata Kompol Hari para peternak diharapkan dapat menghubungi Satgas Ops Aman Nusa II Polres Basel. Agar hewan yang dimaksud dapat dilakukan pengecekan oleh dinas terkait.

“Tadi kita juga lakukan penyemprotan disinfektan diseluruh area kandang ternak untuk mencegah penularan PMK serta mengecek kesehatan beberapa sapi milik Pak Yusuf. Kita minta juga selalu menjaga kebersihan area kandang agar hewan-hewan itu sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Peternak Sapi H Yusuf mengapresiasi Polres Basel beserta tim yang sudah memberikan informasi tentang pencegahan PMK. Mengecek kesahatan hewan ternaknya dan melakukan penyemprotan disinfektan di area kandang ternaknya.

“Penjelasan yang saya dapati dari tim sangat jelas, sehingga saya tahu yang akan saya lakukan terhadap hewan ternak saya jika terdapat tanda-tanda PMK, dan saya akan memberikan edukasi PMK ini kepada teman-teman saya yang memelihara hewan ternak,” jelasnya.(dev)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *