IMG 20220105 WA0036
IMG 20220105 WA0036

Razia Satlantas Polres Basel di Toboali, 37 Pengguna Jalan Terjaring

TOBOALI, KABARBABEL.COM – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan (Basel) melakukan razia kepada pengguna jalan yang melintas di Jl Jenderal Sudirman Toboali pada Selasa (4/1) sore guna menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di daerah itu.

Sebanyak 37 pengendara tersebut kedapatan tidak melengkapi surat kendaraan lalu lintas dan atribut saat berkendara. Saat, razia digelar para pengendara tidak menggunakan helm dan berboncengan melebihi kapasitas ketentuan kendaraan.

Kasatlantas Polres Bangka Selatan AKP Andi Eko Wardana mengatakan, kegiatan ini digelar guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Dengan target pengendara yang tidak menggunakan helm saat berkendara.

“Jadi setidaknya kami pelan-pelan memberikan imbauan kepada masyarakat Toboali, karena selama ini disiplin berkendara kurang jadi memberikan contoh wajib memakai helm saat berkendara,” kata AKP Andi Eko Wardana.

Kata Andi, kedepannya pihaknya akan menilang pengendara yang tidak memiliki SIM dan tidak membayar pajak kendaraannya.

“Untuk saat ini yang kami fokuskan helm, knalpot racing, dan mobil bak mengangkut penumpang karena itu fatal ketika terjadi lakalantas. Bagi pengendara di bawah umur kami panggil orang tua dan kendaraannya, tetap kami tilang,” ucapnya.

Sebelumnya, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada pengendara untuk melengkapi kelengkap saat berkendara di Jalan Raya, Toboali, Bangka Selatan.

Pihaknya tidak segan-segan untuk menindaklanjuti pengendara dengan menilangnya, lantaran tidak melengkapi surat dan masih di bawah umur menggunakan kendaraannya.

“Tidak lengkap apalagi tidak pakai Helm dan di bawah umur, akan kami tilang, hari ini sebanyak 35 motor dan 2 mobil yang kami tilang, lantaran tidak menggunakan helm dan mobil bak mengangkut penumpang,” ucapnya.

Sementara itu, 37 pengendara yang terjaring razia tersebut ditilang di tempat dan para pelanggar pun harus membayarkan ke negara melalui ETilang.

“Jadi pembayaran langsung masuk ke negara. Setelah dibayar barang bukti bisa langsung dibawa dengan catatan harus menggunakan helm, sedangkan untuk knalpot racing harus diganti dan sementara kami sita untuk barang bukti,” ujarnya.

Andi Eko Wardana, mengimbau kepada masyarakat Toboali, Bangka Selatan, agar segera melengkapi surat dan menggunakan helm saat berkendara di Jalan Raya. Hal tersebut diharapkan guna kenyamanan saat berkendara dan juga mengantisipasi resiko fatal saat terjadinya kecelakaan.(dev)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *