IMG 20211015 WA0034IMG 20211015 WA0034

TOBOALI, KABARBABEL.COM – Puluhan anak pesisir di wilayah Toboali, Bangka Selatan (Basel) yang menerima beasiswa sekolah ke jenjang perguruan tinggi kembali mengikuti kegiatan Sharing Session pada Kamis (14/10) kemarin di Balai Daerah Pemkab Basel.

Sedikitnya ada 42 anak pesisir Toboali yang menngikuti pembinaan dalam kegiatan sharing session yang digelar oleh Yayasan Abdi Negara Cendikia (ACN) bersama Tim Bangka Selatan Hame-hame Begerek (Tim Baher) dan Mitra PT Timah Tbk itu.

Namun perlu diketahui, dari 42 anak itu, 25 diantaranya akan ditanggung penuh biaya pendidikan kuliah mereka selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi dari awal kuliah lantaran berstatus sebagai mahasiswa baru.

Sedangkan sisanya adalah anak pesisir yang telah duduk di bangku kuliah namun belum menyelesaikan studinya dan pastinya juga akan ditanggung oleh Yayasan ANC bersama Tim Baher dan Mitra PT Timah Tbk.

“Hari ini adalah kegiatan lanjutan kita kemarin, MoU antara Universitas Terbuka dengan Yayasan ANC dari 25 anak pesisir sebagai penerima beasiswa yang baru memulai kuliah,” ujar Wabup Basel Debby Vita Dewi usai kegiatan.

Debby mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi program yang diusung oleh Tim Baher meskipun baru berdiri 2 tahun kemarin. Pasalnya, sudah banyak anak pesisir di Toboali yang telah dibantu khususnya di sektor pendidikan.

“Kedepan nanti akan ada dan akan kita akomodir juga untuk kita beri peluang yang sama buat penerima beasiswa di daerah pesisir kecamatan-kecamatan lain akan kita usahakan artinya harus ada berkeadilan,” ujarnya Debby Vita Dewi.

Direktur UT Pangkalpinang Hasmonel mengatakan proram beasiswa kuliah yang didanai oleh Mitra PT Timah Tbk ini sangat sinkron dan sesuai dengan program Provinsi Bangka Belitung yakni satu rumah satu sarjana.

“Tim Baher dan Yayasan ANC ini merupakan yayasan yang pertama kali di Bangka Belitung yang memberikan beasiswa kepada anak-anak yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Terbuka dan ini sangat luar biasa,” katanya.

Sementara Ketua Bidang Pendidikan Tim Baher Iswanto menyebut program beasiswa yang diberikan kepada anak pesisir untuk menempuh pendidikan di Universitas Terbuka tersebut total sebanyak 42 orang.

“Untuk rincian 25 orang sudah MoU ke pihak UT, sedangkan 17 orang lainnya bantuan biaya semester. Jadi untuk bantuan yang kami berikan itu beragam dan sesuai kebutuhan, sementara ini kita masih fokus di wilayah Toboali,” katanya.

“Jadi 80 persen untuk anak pesisir Kota Toboali dan 20 persen di wilayah Kecamatan Toboali. Untuk ke wilayah kecamatan lain saat ini belum, namun untuk kedepan jika ada dana-dana yang masuk ke kita insyaallah akan kami akomodir,” pungkasnya.(dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *