Januari 21, 2021
Jelang Suntik Vaksin Covid-19, Pejabat Bangka Mulai Diambil Darah

Jelang Suntik Vaksin Covid-19, Pejabat Bangka Mulai Diambil Darah

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka, Rabu (13/1/2021) mulai diambil darah menjelang suntik vaksin Covid-19. Penyuntikan vaksin Covid-19 direncanakan Jumat (15/1/2021).

Selain Bupati Bangka Mulkan, juga diambil darah yakni Sekda Bangka Andi Hudirman, Kajari Bangka Farid Gunawan, Wakapolres Bangka Kompol Faisal dan lainnya.

Kepada sejumlah wartawan, Mulkan mengatakan pengambilan test darah guna mendeteksi adanya 16 penyakit di tubuh. Pasalnya, jika terdapat penyakit maka tidak boleh di vaksin.

“Test darah ini kan guna melihat ada tidak penyakit. Ini akan dilihat per orang,” kata Mulkan.

Selain dirinya kata Mulkan, terdapat pejabat lain dalam jajaran Forkompinda yang disuntik vaksin. Termasuk juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka, Muhammadiyah dan lainnya.

“Kita harus siap. Beri contoh ke masyarakat,” ucapnya.

Mulkan sendiri bersedia menjadi orang pertama disuntik vaksin Covid-19 guna meyakinkan masyarakat kalau vaksin tersebut cukup aman. Uji klinis dengan standar kesehatan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kata dia, juga telah dilakukan untuk vaksin Covid-19.

“Saya minta masyarakat hendaknya juga bersedia di vaksin guna keamanan kesehatan baik untuk dirinya sendiri, keluarga maupun lingkungan,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan, terdapat 10 orang pimpinan di daerah itu yang akan divaksin Covid-19 tahap awal termasuk dengan tenaga kesehatan.

Dia mengatakan, jumlah tenaga kesehatan di daerahnya tercatat sebanyak tiga ribu orang tersebar di rumah sakit maupun di pusat pelayanan kesehatan masyarakat.(rul/kbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: