Desa Bukit Layang Kembangkan Budidaya Lebah Madu Apis Cerana

Pengembangan budidaya madu oleh Pemerintah Desa Bukit Layang, Kabupaten Bangka. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

BAKAM, KABARBABEL.COM – Pemerintah Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) saat ini sedang mengembangkan budidaya lebah madu Apis Cerana.

Kepala Desa Bukit Layang Andry menjelaskan, Bukit Layang memiliki potensi yang sangat besar. Salah satunya adalah ketersediaan madu. Melihat potensi tersebut, pihak desa bersama lainnya mencoba mengembangkan budidaya madu berjenis Apis Cerana.

“Kita awalnya belajar dengan Desa Mesu Bangka Tengah untuk budidaya ini. Sekarang baru berjalan sekitar satu bulan,” kata Andry menjelaskan kepada Bupati Bangka Mulkan,SH,MH, Sabtu (21/11).

Menurut Andry, sebagai tahap awal ada 22 kotak yang digunakan sebagai sarana madu untuk bersarang. Sarang-sarang ini diletakkan dibawah pepohonan yang rindang sehingga terus mengundang kedatangan madu untuk bersarang.

“Madu ini tergantung pemasok makanan. Ketersediaan makanan di sekitar bagaimana. Sekarang kami sudah menanam berbagai jenis bunga disekitar lahan untuk memudahkan madu mencari makan,” ujarnya.

Andry berharap kedepan, madu yang dihasilkan dapat menjadi sumber pendapatan desa. Sebab, dengan khasiat yang dihasilkan madu maka akan banyak dicari orang.

“Madu ini banyak khasiat. Terutama untuk tubuh. Makanya harga jual madu juga cukup lumayan karena memang berkhasiat untuk tubuh,” jelasnya.

Selain itu, kedepan dengan adanya pengembangan madu ini kata Andry maka akan dibuat sebagai lokasi wisata bagi masyarakat. Setiap tamu yang hadir ke Bukit Layang dapat langsung menikmati keaslian madu secara langsung.

Bupati Bangka Mulkan memberikan apresiasi kepada Desa Bukit Layang yang sudah mengembangkan potensi desa. Menurut dia, apa yang dilakukan dapat menjadi alternatif wisata yang ada di Kabupaten Bangka selain pantai.

“Ini bisa menjadi objek wisata kedepan. Masyarakat bisa belajar sekaligus mencicipi madu asli,” kata Mulkan.

Pemkab Bangka tambah dia, selalu mendukung setiap inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh desa dalam hal pengembangan potensi yang ada.(rul/kbc)

About kabarbabel 2415 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.