Bank Syariah Mandiri (BSM) Sungailiat Mengalirkan Berkah di Tengah Pandemi

Bank Syariah Mandiri Sungailiat menyalurkan bantuan bagi pengurus masjid dalam program BSM Mengalirkan Berkah. Foto : ist

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Bank Syariah Mandiri (BSM) Sungailiat melaksanakan serangkaian acara yang bertajuk BSM Mengalirkan Berkah (BMB).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati milad (ulang tahun) ke-21 tahun yang jatuh pada tanggal 01 November 2020.

BMB ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh BSM setiap tahun sebagai salah satu bentuk komitmen pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap masyarakat sekitar.

Program BMB ini merupakan sinergi antara Bank Syariah Mandiri dan LAZNAS BSM Umat. Pada tahun 2020 ini, program dipusatkan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Total bantuan yang disalurkan oleh BSM sebesar Rp. 9,7 miliar menyasar empat concern utama,” kata Branch Manager BSM KCP Sungailiat, Rica Winsyah, Minggu (15/11).

Dijelaskan Rica, program BMB ini terbagi menjadi empat concern utama yaitu bantuan ketahanan pangan yang diberikan dalam bentuk bantuan paket sembako, bantuan pendidikan yang diberikan dalam bentuk beasiswa bagi pelajar yatim dan dhuafa, bantuan kesehatan dalam bentuk pemberian alat sanitasi seperti masker, sarana cuci tangan dan lain-lain.

“Sedangkan yang keempat bantuan modal usaha untuk masyarakat terdampak covid seperti pedagang, tukang ojek, dan lain-lain,” tambahnya.

Lebih lanjut Rica menjelaskan, program BSM Mengalirkan Berkah ini merupakan program nasional yang kemudian di eksekusi oleh jaringan outlet kantor BSM di daerah-daerah. Tak terkecuali BSM Sungailiat. Pada tahun 2020 ini BSM Sungailiat termasuk outlet yang mendapatkan alokasi anggaran BMB yang cukup besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah tahun ini BSM Sungailiat mendapatkan alokasi anggaran BMB yang cukup besar, lebih besar dari tahun sebelumnya dan bahkan jika dibandingkan dengan cabang-cabang lainnya. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi masyarakat Kabupaten Bangka terhadap bisnis BSM KCP Sungailiat. Semakin banyak masyarakat yang menempatkan dananya maupun yang mengakses pembiayaan di BSM Sungailiat, secara linier akan berdampak pada laba perusahaan. Sehingga harapannya akan semakin besar juga peluang alokasi anggaran yang diperuntukkan untuk kemaslahatan masyarakat di sekitar BSM Sungailiat,” bebernya.

Lebih lanjut Rica Winsyah mengatakan bahwa pada tahun ini manajemen BSM Sungailiat memilih program BSM kategori ketahanan pangan berupa penyaluran paket sembako kepada masyarakat sekitar yang berhak dan terutama terdampak pandemi covid.
“Tahun lalu kami menyalurkan BMB dalam bentuk bantuan pembangunan/renovasi masjid. Untuk tahun ini kami mengambil prioritas program ketahanan pangan dalam bentuk pemberian bantuan paket sembako. Program ini kami pilih dengan pertimbangan bahwa kondisi pandemi covid sangat berpengaruh pada pendapatan masyarakat sehingga berdampak pula pada kondisi ekonomi dan pola konsumsi masyarakat” Kata Rica Winsyah.

Paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat dengan anggaran sebesar Rp 165rb/paket/KK. Dalam program ini BSM Sungailiat memberikan bantuan 150 paket sembako kepada masyarakat, sehingga total anggaran bantuan yang diberikan sebesar Rp 25 Juta. Bantuan ini disalurkan bekerjasama dengan pengurus Masjid Nurul Muttaqin, Dusun Telang, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, Bangka.

Sementara, Ketua Masjid Nurul Muttaqin Ustad Tamim menyambut baik program BMB yang diselenggarakan oleh BSM. Disampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada BSM atas terpilihnya jamaah dan masyarakat mereka sebagai lokasi penyaluran BMB. Beliau juga mendoakan untuk kebaikan BSM dan seluruh karyawannya

“Alhamdulillah terima kasih kepada Bank Mandiri Syariah yang telah mengalirkan berkah 2020 ini untuk masyarakat kami terutama Telang luar ini. Terima kasih kembali kami haturkan kepada Bank Mandiri Syariah karena telah memberikan bantuan kepada kami. Mudah-mudahaan Bank Syariah Mandiri tetap jaya dan para karyawannya tetap diberikan kesehatan supaya kedepannya lebih maju lagi,” Ujar Ust Tamim.(rul/kbc)

About kabarbabel 2360 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.