Ambulans Air Dilengkapi Fasilitas Kegawatdaruratan Mulai Dioperasikan Pemda Belitung

Ambulans Air. (IST)

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung akan mengoperasikan ambulans air sebagai wujud kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di Negeri Laskar Pelangi.

Mengingat Belitung sebagai kawasan destinasi pariwisata yang diunggulkan mulai dari pantai utara hingga selatan, sehingga harus mendapatkan perhatian khusus.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menyebutkan ambulans laut atau ambulans air tersebut memiliki fasilitas yang lengkap guna memberikan layanan kegawatdaruratan, terutama ketika terjadinya bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan di laut.

Selain itu, lanjutnya, pengoperasian ambulans air juga belajar dari peristiwa kecelakaan laut yakni tenggelamnya kapal sekoci di laut utara Belitung beberapa tahun lalu yang menimbulkan korban meninggal dunia.

“Maka dari itu kami tidak ingin kejadian serupa terulang lagi. Pengoperasian ambulans air ini juga sebagai bentuk pemberian kesehatan agar berjalan maksimal, termasuk kepada wisatawan,” kata Isyak Meirobie, Jumat (6/11/2020).

Isyak Meirobie juga menambahkan pengoperasian ambulans air sebagai wujud kesiapsiagaan bencana alam khususnya di laut, seperti angin kencang, gelombang tinggi dan gelombang pasang.

“Karena sebagai pulau dengan masyarakat yang kebanyakan berpencaharian sebagai nelayan, potensi kejadian tentunya dapat saja terjadi di luar kemampuan manusia,” ujar Isyak Meirobie. (fat)

About kabarbabel 2424 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.