Pemkab Bangka Dukung Pengembangan Budidaya Tanaman Kopi

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Bangka Elius Gani. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka menunjukkan komitmen dalam pengembangan budidaya tanaman kopi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Elius Gani menjelaskan, dukungan itu diberikan dengan menganggarkan pembelian bibit kopi pada tahun anggaran 2021.

“Tahun depan kita anggarkan pembelian bibit kopi. Nanti, bibit kita berikan kepada para petani yang ada di Kabupaten Bangka,” kata Elius Gani, Selasa (3/11/2020).

Elius menjelaskan, jenis kopi yang dikembangkan petani saat ini adalah jenis robusta. Salah satunya yang berlokasi di Desa Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

“Pemkab Bangka juga beberapa waktu lalu sudah memberikan penghargaan kepada petani kopi Desa Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat karena dianggap berhasil mengembangkan komoditi lokal. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada petani kopi di Desa Petaling yang mengembangkan mengembangkan potensi perkebunan kopi,” tambahnya.

Elius mengakui, potensi komoditas kopi cukup baik dikembangkan karena ketersediaan lahan yang masih luas sehingga dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

Ketua Kelompok Petani Petaling Banjar Sumardi sebelumnya mengatakan, ada 100 orang petani yang tergabung dalam kelompok tani kopi. Dimana, lahan yang digarap baru seluas 15 hektar dari lahan yang tersedia 78 hektar.

“Kebutuhan biji kopi setiap harinya di Bangka Belitung mencapai dua ton sementara sebagian besar di pasok dari luar pulau Bangka,” pungkasnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2424 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.