Orang Tua Sakit Jadi Alasan Pelaku Cek Kosong Tipu Toko Emas

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Dengan dalih orang tua sakit dan tidak punya pekerjaan, Lie Jun Tjong Alias Ayun (45) nekat melakukan penipuan dengan modus cek kosong

Ia ditangkap Polres Bangka bersama dua pelaku lain yakni Hans Wijaya (55) dan Budiman (73). Semuanya merupakan warga Jakarta Barat. Ketiga pelaku ditangkap di depan salah satu Hotel Tanjung Pandan Belitung.

Kasus penipuan bermula saat ketiganya Kamis (15/10/20) membeli emas antam seberat 100 gram di salah satu toko emas di Pasar Sungailiat. Saat melakukan aksinya, pelaku membayar dengan cek palsu.

“Saya tanya ada emas batangan atau tidak, terus katanya ada, saya tanya sama pemilik toko mau apa nggak pembayaran dengan menggunakan cek, setelah setuju, barulah kita bertiga beraksi yang sebelumnya sudah mengetahui tugasnya masing-masing,” kata salah satu pelaku Budiman saat konfrensi pers di Polres Bangka, Selasa (3/11).

Beberapa jam kemudian, pemilik toko yang mengetahui cek tersebut palsu langsung melaporkan hal tersebut ke Mapolres Bangka. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar 96 juta rupiah.

Kanit Buser Polres Bangka Ipda Judit menjelaskan, dari pengakuan pelaku juga diketahui melakukan penipuan di Bangka Barat. Komplotan ini membeli obat-obatan tradisional senilai kurang lebih 30 juta.

“Tiga pelaku ini sudah ada peran masing-masing diantara mereka. Mulai dari ada memantau toko, menelpon hingga mengeksekusi,” kata Ipda Judit.

Sementara, Kabag Ops Polres Bangka AKP Teguh Setiawan menjelaskan, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 buah emas antam seberat 100 gram, 2 kotak obat Pien Tze Huang, 9 buah kartu perdana , 5 buah hp dengan berbagai merek, lembaran cek palsu dari tiga bank.

“Alhamdullilah, ketiga tersangka yang merupakaan kasus tindak pidana Penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378KUHP. Yang terjadi di wilayah Sungailiat dan Muntok berhasil kita amankan,” ujarnya.

Ketiga pelaku kata Teguh terancam hukuman 4 tahun penjara.(rul/kbc)

About kabarbabel 2399 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.