Tagana dan RPB Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana di Pantai Matras

Apel kesiapsiagaan bencana Tagana, Relawan Peduli Bangsa dan mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12, Sabtu (31/10). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Relawan Peduli Bangsa (RPB) dan mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat menggelar apel kesiapsiagaan bencana di Pantai Matras Sungailiat, Sabtu (31/10).

Baca Juga : Kepengurusan Pemuda Pancasila Bangka Masih Sengketa

Apel digelar kata Koordinator Tagana Kabupaten Bangka Mustam, bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen, baik personel Tagana, relawan maupun mahasiswa. “Tagana memiliki peran dominan dalam masalah penanganan bencana alam, akan tetapi juga mempunyai tugas lain dalam aksi sosial,” kata Mustam, Sabtu (31/10).

Mustam menjelaskan, selain apel kesiapsiagaan bencana pihaknya juga melakukan aksi kecil seperti pembagian masker dan membersihkan pantai.

“Di masa pandemi Covid-19 kita juga ikut terjun ke lapangan, seperti melakukan penyemprotan disinfektan hingga pembagian sembako bersama Dinas Sosial bagi masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Terkait kesiapsiagaan bencana, Mustam menegaskan, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran baik pemerintah, swasta, relawan, maupun masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana.

“Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat, harus tanggap terhadap ancaman bencana. Bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pada pra bencana dan pascabencana,” ujarnya.

Koordinator Relawan Peduli Bangsa (RPB) Budi Firmansyah menambahkan, bersamaan apel kesiapsiagaan bencana ini juga digelar pembagian masker kepada pengunjung Pantai Matras.

“Sebagaimana tujuan kita adalah aksi kemanusiaan, sama dengan Tagana Kabupaten Bangka. Jadi kenapa tidak kita berkolaborasi,” kata Budi.(rul/kbc)

About kabarbabel 2399 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.