Sumpah Pemuda Jangan Hanya Seremonial Semata

Dialog pemuda KNPI dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka menjadi tuan rumah Dialog Pemuda Memperingati Hari ke-92 Sumpah Pemuda Tahun 2020 di Graha Pemuda KNPI Bangka, Rabu (28/10).

Hadir Ketua Umum KNPI Pusat Haris Pertama sebagai pembicara bersama Ketua KNPI Babel Muhammad Irham, Ketua KNPI Bangka Ismir Rachmaddinianto dan akademisi STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Yudi.

Ketua Umum KNPI Pusat Haris Pertama mengingatkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda jangan sebatas seremonial semata. Sumpah Pemuda merupakan proses panjang dan tidak tiba-tiba berkumpul untuk bersatu.

“Sumpah pemuda jadi energi awal menuju kemerdekaan. Jadi jangan hanya diperingati sebatas seremonial semata,” kata Haris mengingatkan.

Sumpah pemuda tambah Haris juga menjadi intisari dari Bhineka Tunggal Ika, Pancasila hingga Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Sementara, Ketua KNPI Bangka Ismir Rachmaddinianto menegaskan, pola di KNPI berbeda. Ada kajian-kajian yang dilakukan pihaknya terlebih dahulu dalam menyikapi sesuatu.

“Kajian ini dilakukan oleh bidang-bidang tertentu. Seperti bidang hukum. Kita membentuk Tim Advokasi Pemuda Bahtera terkait dengan aksi penolakan RUU Omnibus Law Cipta Kerja yang terjadi di seluruh wilayah yang dalam hal ini melibatkan para pemuda, mahasiswa serta para buruh/pekerja,” ujarnya.

Akademisi STISIPOL Pahlawan 12 Yudi mendorong mahasiswa dan pemuda untuk berpikir kritis saat ini. Setiap dinamika yang ada, bisa disikapi dengan bijak.

“Dari 250 juta masyarakat Indonesia, 60 juta diantaranya adalah pemuda. Pemuda harus berpikir kritis terhadap segala sesuatu persoalan terutama bangsa dan negara,” pesannya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2360 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.