Yudha Pratama Terpilih Jabat Ketua Gapabel Gantikan Prifin Heriyanto, Wabup Sebut Punya Peranan Penting

Pifin Heriyanto serahkan bendera pataka kepada Ketua Gapabel terpilih Yudha Pratama. (IST)

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Yudha Pratama resmi menjabat sebagai Ketua Gabungan Pecinta Alam Belitung (Gapabel) periode 2020-2024 menggantikan Pifin Heriyanto.

Yudha Pratama terpilih secara resmi dalam Musyawarah Besar (Mubes) ke-IV yang digelar Gapabel dengan agenda pemilihan ketua di Hotel Bilitone, Tanjungpandan, Minggu (25/10/2020).

Empat organisasi dibawah Gapabel diantaranya Sistepala SMK 2, Mapala AMB, Belitong Photography dan Arcapada Belitong mengusung Yudha Pratama. Sedangkan satu organisasi lainnya yakni Geragos Belitong mengusung Irvan.

Namun dalam mubes tersebut, Irvan menyatakan belum siap mengemban tugas sebagai ketua. Oleh sebab itu Yuda Pratama secara sah terpilih langsung menjadi Ketua Gapabel.

Ketua Gapabel periode sebelumnya Pifin Heriyanto berpesan kepada ketua terpilih agar selalu siap menjadi ujung tombak pejuang lingkungan hidup khususnya di Pulau Belitung.

“Saya harapkan agar ketua terpilih tak gentar dengan godaan, karena kami siap mendukung setiap gerakan yang dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan,” kata pria berambut gondrong yang akrab disapa Thelenk ini.

Sementara itu Ketua Gapabel terpilih Yudha Pratama mengatakan, dalam satu tahun kedepan dirinya akan fokus pada pembenahan internal organisasi dan rekrutmen anggota baru bagi Gapabel.

“Saya berharap rekan-rekan dapat terus men-support pergerakan dan kepengurusan Gapabel lima tahun kedepan,” pinta Yudha Pratama.

Acara Mubes berlanjut dengan pengangkatan anggota muda menjadi anggota tetap Gapabel. Anggota individu Fitrah dan Intan, serta Organisasi, Kucing Rukang Membalong, Nule Be (Nulat Lempak Belitong) dan Siwapala.

Gapabel sendiri beranggotakan Sistepala SMKN 2 Tanjungpandan, Arcapada Belitong, Geragos Belitong, Mapala AMB, Rumah Baca Akar Gapabel, Siwapala Belitong dan Belitong Photography.

Musyawarah yang berlangsung di ruang rapat BUMD Belitong secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. Menurutnya organisasi lingkungan memiliki peranan penting dalam transformasi ekonomi Kabupaten Belitung.

“Saya menilai peran Gapabel sangat besar dan merupakan pionir di Geopark Nasional Pulau Belitong. Belitung sebelumnya berbasis tambang menjadi pariwisata berbasis budaya dan lingkungan,” kata Isyak Meirobie.

Sementara itu Ketua Gapabel periode 2016-2020 Pifin Heriyanto menambahkan, perjuangan menjaga lingkungan bukanlah tugas dari satu organisasi, tapi semua makhluk yang hidup di atas bumi agar lingkungan tetap terjaga dan lestari.

“Alam Belitung tak akan terjaga kalau Gapabel bergerak sendiri tanpa adanya support dari seluruh masyarakat Belitong,” ujar pria berambut gondrong yang akrab dipanggil Thelenk ini.

Musyawarah Besar ini dihadiri juga para undangannya lainnya seperti perwakilan dari DPD KNPI Kabupaten Belitung, Kucing Rukang Membalong dan KPSB Peta Belitung. (fat)

About kabarbabel 2360 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.