22 Ormas, OKP dan LSM Bangka Restui KIP Masuk Matras

Konfrensi pers Ormas, OKP dan LSM Bangka memberikan dukungan masuknya KIP Matras, Jumat (23/10). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Sebanyak 22 Organisasi Masyarakat (Ormas), OKP dan LSM yang ada di Kabupaten Bangka menyatakan dukungan dan restu masuknya Kapal Isap Produksi (KIP) di Pantai Matras, Kelurahan Matras, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Dukungan ini disampaikan Jalil, perwakilan Ormas, OKP dan LSM saat konfrensi pers di Diamond Cafe, Jumat (23/10).

“Kami 22 Ormas, OKP dan LSM yang ada di Kabupaten Bangka menyatakan restu dan dukungan masuknya KIP Matras,” kata Jalil.

Jalil menegaskan, dukungan terhadap KIP ini bukan tanpa alasan. Menurutnya ada kajian-kajian yang dilakukan pihaknya. Bahkan, kajian itu dilakukan sampai 4 kali. “Terutama terhadap nelayan. Ternyata setelah dikaji, wilayah tangkap nelayan kita dari Matras, Tuing hingga Pesaren adalah 7 mill. Sedangkan wilayah operasi KIP dibawah 4 mill,” bebernya.

Tak hanya itu, menurut Jalil dukungan ini disampaikan lantaran PT Timah sudah mengantongi izin pemerintah secara resmi. Termasuk, sesuai dengan aturan yang ada Pantai Matras masuk dalam IUP PT Timah.

“PT Timah memiliki hak karena mereka punya IUP. Kami tidak mungkin menghalangi yang punya izin. Laut Matras merupakan daerah tambang,” bebernya.

Masih menurut Jalil, beroperasinya KIP PT Timah juga akan memberikan efek baik bagi daerah. Baik pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten. Kabupaten disampaikan Jalil mendapatkan 2,5 persen sesuai dengan aturan yang ada. “Silahkan beroperasi. Jalankan. Namun jika ada yang tidak setuju, silahkan sampaikan sesuai aturan yang baik,” pungkasnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2405 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.