Mabes Polri Ikut Amankan TI Tower di Muara Air Kantung

Ponton TI Tower yang beroperasi di alur muara air kantung diamankan pihak kepolisian. Foto : Hairiul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Tim gabungan terdiri dari Subdit Gakkum Ditpolair Polda Babel dan BKO Ditpolair Korp Polairud Baharkam Mabes Polri, Selasa (20/10) malam berhasil mengamankan 7 ponton Tambang Inkonvesional (TI) Tower yang beroperasi alur muara Air Kantung Sungailiat Bangka.

Ikut diamankan pula, puluhan penambang yang saat ini sudah dibawa ke Dit Polairud Polda Babel guna menjalani pemeriksaan.

Dari pantauan Kabarbabel.com, Rabu (21/10) pagi sejumlah TI tower mulai ditarik pihak kepolisian ke Pangkalan Pos Sandar Kapal Patroli Ditpolairud Polda Babel.

Ijal, salah satu nelayan mengatakan TI Tower tersebut cukup mengganggu keluar masuknya kapal nelayan. Sebab mereka beroperasi tak jauh dari alur masuk kapal.

“Selain itu jangkar TI ini besar. Talinya besar. Ini bisa-bisa kena kapal nelayan. Kan mereka beroperasi di alur masuk kapal,” keluhnya.

Ijal mengaku berterima kasih karena sudah ditertibkan. Dengan harapan tidak ada lagi muncul TI lainnya.

“Jadi kami sebagai nelayan merasa terganggu atas aktifitas TIdi pintu masuk muara ini karena mengganggu akses keluar masuk nelayan. Tapi alhamdulillah, atas keluhan kami ini sudah ditindaklanjuti petugas dan TI.yang beroperasi disana sudah ditertibkan petugas,” katanya.

Kasatpolair Polres Bangka, Iptu Asmadi saat dikonfirmasi di Pangkalan Pos Sandar Kapal Patroli Dit Polairud Polda Babel Sungailiat membenarkan penertiban yang dilakukan oleh Gakkum Ditpolair Polda Babel dan BKO Ditpolair Korp Polairud Baharkam Mabes Polri.

“Jadi benar ada penertiban yang dilakukan oleh Tim gabungan atas aktifitas penambangan di dekat muara air kantung. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan rekan rekan konfirmasi hal tersebut ke pihak direktorat,” katanya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2424 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.