Pemkab Bangka Siap Fasilitasi Perizinan Sago Mee

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Bangka Dalyan Amri. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka melalui Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan siap memfasilitasi perizinan Sago Mee, produk olahan sagu PT Bangka Asindo Agri (BAA) Kenanga Sungailiat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Dalyan Amrie menjelaskan, saat ini Sago Mee sudah ada merek dalam.

“Produk Sago Mee ini sudah ada merek dalam (MD). Kalau rumah tangga PIRT. Maka kita upayakan dibuat. Difasilitasi merk dalam,” kata Dalyan disela-sela Pekan Sagu Nusantara 2020, Selasa (20/10).

Sementara sertifikasi keamanan pangan atau GMP tambah Dalyan, Sago Mee belum disampaikan ke pemerintah pusat. Untuk itu, pihaknya membuka diri guna membantu PT BAA untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

Sementara terkait promosi, mantan Kasatpol PP ini menegaskan, siap berkoordinasi dengan UMKM, PKK dan Dekranasda.

“Selain itu, promosi produk Sago Mee ini minimal masyarakat di Kabupaten Bangka dapat mengetahuinya. Dimana ada produk makanan unggulan dari olahan Sagu Rumbia asli yakni Sago Mee dari Kabupaten Bangka,” bebernya.

Diketahui, PT BAA mewakili Provinsi Bangka Belitung dalam Pekan Sagu Nusantara 2020. Puncak acara Pekan Sagu Nusantara dilaksanakan secara virtual, hari ini (20/10) di Jakarta dengan peserta dari 14 daerah kabupaten/kota di Indonesia.

Kepala Produksi PT BAA Tommy Septiadi menjelaskan, pihaknya sendiri memproduksi olahan sagu yang dikenal dengan produk Sago Mee.

“Sago Mee ini adalah produk olahan dari PT BAA dengan sagu sebagai bahan dasar. Sagu langsung kita ambil dari petani Bangka Belitung,” kata Tommy.

Tommy mengatakan berterima kasih kepada semua pihak sudah menunjuk PT BAA mewakili Babel dalam Pekan Sagu Nusantara 2020. Ia berharap, Sago Mee sebagai produk olahan sagu dengan varian rasa, tidak hanya dikenal di Babel melainkan secara nasional.(rul/kbc)

About kabarbabel 2415 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.