Pemkot Pangkalpinang Raih Opini WTP Tiga Kali Berturut

 

Pemerintah Kota Pangkalpinang menerima Piagam Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia atas LKPD TA 2019 dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Piagam penghargaan itu diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, pada Rabu (14/10/2020) di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Babel.

Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menyebutkan, Pemkot Pangkalpinang menargetkan serta berupaya agar setiap tahun mendapatkan opini dari pemerintah pusat.

“Harapan kami dengan Opini WTP ini, jangan hanya berhenti disini tapi jadi budaya untuk setiap tahunnya kita memperoleh opini ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, apabila setiap daerah meraih opini WTP ini maka akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

“Dalam tiga tahun terakhir, Pemkot Pangkalpinang sudah tiga kali berturut-turut mendapat penghargaan dari pemerintah pusat atas capaian opini WTP,” sebutnya.

Ia berharap Pemkot Pangkalpinang dapat terus mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian ini untuk tahun berikutnya.

“WTP ini diraih berkat kerja keras tim penyusun laporan keuangan Bakeuda dan semua OPD. Selain itu komitmen dan dukungan wali kota dan DPRD juga turut andil dalam penghargaan ini. Saya disini sebagai koordinator laporan keuangannya,” ujar Radmida.

Tak hanya itu, untuk laporan tahun 2019 ini sebanyak tujuh pemda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil mendapatkan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Tahun sebelumnya hanya empat Pemda di Bangka Belitung yang meraih WTP. Tujuh Pemda yang menerima WTP ini merupakan bagian dari 480 pemda se-Indonesia yang berhasil meraih opini WTP.

Atas diraihnya Opini WTP, Pemkot Pangkalpinang mendapatkan apresisasi dari DPRD Kota Pangkalpinang.

“WTP itu merupakan suatu bentuk bahwa pengelolaan keuangan yang baik dan tidak semua daerah mendapatkan hal itu, apalagi ini sudah ketiga kalinya,” kata Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza.

Menurut Hertza, mempertahankan Opini WTP lebih sulit dari mendapatkannya, kadangkala ada berbagai macam permasalahan yang dihadapi.

“Hari ini Pemkot Pangkalpinang menunjukkan eksistensi bahwa ternyata baik, di bawah pemerintahan Pak Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil dalam hal ini meraih WTP tersebut,” katanya.

Ia menuturkan, dengan diraihnya Opini WTP, Pemkot Pangkalpinang untuk terus meningkatkan kinerja untuk pencapaian yang lebih baik lagi.

“Untuk mendapatkan dana insentif daerah, harus mendapatkan WTP ini,” ujarnya.

Hertza berharap, melalui WTP ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di Kota Pangkalpinang. Karena penilaian ini menjadi indikator pertangungjawaban keuangan yang baik.

“Melalui capaian ini dapat memberikan dampak langsung bagi masyarakat, termasuk di 2021 ini membahas anggaran bahwa tidak ada kata lain, dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat Kota Pangkalpinang,” ucap Hertza.

About kabarbabel 2405 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.