Tri Dharma Tematik Pilkada, Dosen STISIPOL P12 Sampaikan Ini Ke Pemilih Pemula

Penyuluhan pendidikan politik pemilih pemula untuk Pilkada Kabupaten Bangka Barat tahun 2020. Foto : ist

MUNTOK, KABARBABEL.COM – Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bambang Ari Satria melaksanakan dharma pengabdian kepada masyarakat tematik pilkada.

Adapun topik yang diangkat pada pengabdian kepada masyarakat adalah penyuluhan pendidikan politik pemilih pemula untuk Pilkada Kabupaten Bangka Barat tahun 2020. Segmentasi yang disasar adalah pelajar SMA di Kecamatan Kelapa, yakni SMA Negeri 1 Kelapa dan SMA Mari Ayu Kelapa.

Kegiatan ini diselenggarakan berkat jalinan kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat dan bertujuan untuk memberi kesadaran politik dan dalam rangka mendorong serta mendongkrak partipasi pemilih dalam event pilkada. Apalagi, target penyelenggara mengenai partisipasi pemilih ditengah pandemi cukup tinggi, yakni 77,5 persen.

Bambang menjelaskan, manfaat pendidikan politik ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas proses pilkada, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam setiap agenda pilkada.

Bambang menambahkan, beberapa riset menunjukkan pemilih pemula yang menggunakan hak pilihnya ketika pertama kali memasuki usia memilih, mempunyai kecenderungan untuk memilih pada pemilu berikutnya.

“Sebaliknya mereka yang tidak menggunakan hak pilih ketika pertama kali memasuki usia memilih, kecenderungannya akan melakukan hal yang serupa pada pemilu berikutnya,” papar Bambang.

Adapun kategori pemilih pemula sambung dia adalah mereka yang memasuki usia memilih dan akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali dalam pemilu. Dengan siklus pemilu di Indonesia yang digelar setiap lima tahun sekali, maka kisaran usia pemilih pemula adalah 17-21 tahun.

“Pemilih pemula umumnya masih duduk di SMA atau sederajat dan mereka yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” tutupnya.(rel/kbc)

About kabarbabel 2200 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.