Harga Bahan Pokok Kabupaten Bangka Stabil

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Bangka masih terpantau stabil. Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerperindag) Kabupaten Bangka Dalyan Amri, Senin (12/10).

Dalyan menjelaskan, pemantauan rutin dilakukan setiap hari agar dapat mengetahui kondisi terbaru fluktuasi harga sembako di Kabupaten Bangka. “Rutin dilaksanakan tiap hari, kemudian kita biasanya mengevaluasi perminggu,” jelas Dalyan.

Terdapat 3 pasar tradisional yang terus dilakukan. Yakni Pasar Kite Sungailiat, Pasar Belinyu dan Pasar Kenanga. “Stok masih aman. Harga juga terpantau wajar. Tidak banyak kenaikan maupun penurunan harga,” ucapnya.

Dalam sehari, ada 15 komoditi yang dipantau serta terdapat 30 jenis item bahan pokok. Dari 15 komoditi yang dipantau, memang menunjukan adanya fluktuasi harga.

Fluktuasi terjadi pada penurunan harga di komoditi beras RM kemasan 5 kilogram (kg). Rata-rata menunjukkan penurunan 2 persen dari minggu kemarin. Kemudian, RM 15 kg mengalami penurunan 0,8 persen dan beras TR 15 kg turun 0,83 persen.

“Jadi, RM 5 kg itu minggu kemarin dikisaran Rp 60.000,-, sekarang seharga Rp 58.000,-. Untuk RM 15 kg, itu sekarang diharga Rp 167,8 ribu dan TR 15 kg itu sama dengan RM 15 kg,” ungkapnya.

Penurunan juga terjadi pada bahan pokok pelengkap bumbu dapur, seperti bawang merah yang pada minggu lalu Rp 31.200,- per kg, saat ini berada di harga Rp 30.400,- per kg. Lalu, bawang putih berada di kisaran Rp 24.400,- per kg.

Sementara untuk cabai besar (kriting), untuk hari ini hingga beberapa hari mendatang diprediksi tetap akan berkisar di harga Rp 33.000,- per kg dan cabai kecil (rawit) di harga Rp 40.800,- per kg.(rul/kbc)

About kabarbabel 2195 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.