KNPI Bangka Dorong Perubahan RPJMD 2019-2023 Untuk Pertajam Program Kepemudaan

Wakil Ketua KNPI Bangka Bambang Ari Satria saat menyampaikan pandangan dalam rapat konsultasi publik perubahan RPJMD 2019-2023 Kabupaten Bangka di Rumah Dinas Bupati Bangka, Rabu (07/10/2020). Foto : ist

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka mendorong perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2023 untuk mempertajam program kepemudaan.

Baca Juga : Anggota DPRD Babel Positif Corona

Hal ini terungkap dalam rapat konsultasi publik perubahan RPJMD 2019-2023 Kabupaten Bangka di Rumah Dinas Bupati Bangka, Rabu (07/10/2020).

Bambang Ari Satria, Wakil Ketua KNPI Bangka menuturkan, kebijakan publik yang dirumuskan dan dibuat dengan baik dan kemudian dikomunikasikan secara memadai kepada publik, pada dasarnya akan membantu tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah.

Di Bangka sendiri, sumber daya manusia dari kalangan pemuda sekitar 22,80 persen. Artinya, motivasi pemerintah daerah untuk mendapat kepercayaan publik dari unsur pemuda sangat diperlukan.

“Namun yang jadi dilema adalah, proses menterjemahkan arahan politik dari bupati ke dalam teknokratik dokumen RPJMD ini yang belum maksimal dan perlu dipertajam,” kata Bambang.

Agenda strategis pembangunan kepemudaan sambung dia adalah optimalisasi keterlibatan pemuda di setiap agenda pemerintah daerah dan ini selalu diingatkan oleh bupati di beberapa kali pertemuan.

Menurut Bambang, organisasi perangkat daerah terkait perlu menterjemahkan secara tajam keinginan bupati itu ke dalam dokumen perencanaaan, baik RPJMD, Renstra hingga RKPD. Setelah itu, aspek-aspek kabupaten layak pemuda dipenuhi, mulai dari ketersediaan regulasi kepemudaan, ketersediaan anggaran kepemudaan, implementasi program kepemudaan dan pelembagaan partisipasi pemuda.

“Dengan demikian, pembangunan kepemudaan di Kabupaten Bangka akan maksimal. Indeks Pembangunan Pemuda akan meningkat. Hasilnya, Kabupaten Layak Pemuda dapat diraih oleh Kabupaten Bangka,” tutup Bambang.(rul/kbc)

About kabarbabel 2195 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.