Pengelola Homestay Diberi Pelatihan, Pemkab Bangka Berharap Berefek untuk Pariwisata

Pembukaan pelatihan management homestay Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Selasa (22/9). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan management homestay/pondok wisata/rumah wisata yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka di Hotel Sunjaya Sungailiat, Selasa (22/9).

Baca Juga : Kooyla,Starup Babel Resmi Launching

Asisten Perekonomian dan
Pembangunan Pemkab Bangka Drs. Rahmad Gunawan, M.Si berharap dengan pelatihan ini akan membawa dampak secara langsung untuk pariwisata Kabupaten Bangka.

“Kita juga berharap, ada peningkatan pemahaman, keterampilan bagi sumber daya pengelola pariwisata Kabupaten Bangka,” kata Rahmad Gunawan.

Selain itu, diharapkan juga pengelola homestay dan lainnya mampu menjadi agen perubahan pariwisata Kabupaten Bangka.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Asep Setiawan menjelaskan, kegiatan ini didukung oleh pemerintah pusat guna meningkatkan wawasan pengetahuan khusus pemilik atau pengelola homestay.

“Ada 40 peserta yang ikut. Baik pemilik, pengelola homestay yang kita bina. Termasuk juga aparatur desa,” kata Asep.

Asep menjelaskan, peserta pelatihan selain diberi materi secara teori juga diajak melihat langsung ke homestay yang sudah berjalan. “Study banding kita lakukan ke homestay Pangkalpinang. Pengelolaannya memang sudah lebih baik,” tambahnya.

Asep juga menjelaskan, di Kabupaten Bangka ada 40 homestay secara permanen. Baik itu berupa penginapan maupun bersama rumah-rumah warga. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan, pengelolaan homestay akan lebih baik kedepan.(rul/kbc)

About kabarbabel 2199 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.