Rasakan Gejala Demam dan Batuk, WNA Asal Prancis Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Belitung

Ilustrasi Covid-19. (IST)

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Seorang pria Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis berinisial JN (66) terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Belitung, Senin (21/9/2020).

Pasien bernomor ID 1412 ini tiba di Indonesia pada tanggal 9 September lalu, dan sempat berada di Jakarta selama satu malam sebelum berangkat ke Belitung. Ia tiba di Negeri Laksar Pelangi pada 11 September 2020.

“Saat tiba di Belitung, pasien ini dilakukan rapid test, dengan keluhan gejala panas, batuk dan pilek. Hasil rapid test-nya non reaktif,” ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) melalui press release yang diterima KabarBabel.com, Senin (21/9/2020) malam.

Sanem mengungkapkan, pasien yang bersangkutan sebelum melakukan perjalanan ke Indonesia sudah pernah melakukan swab PCR sebanyak tiga kali, dengan hasil tes secara keseluruhan negatif.

“Sudah pernah swab, hasilnya negatif dan saat rapid test juga di rumah sakit kita (Belitung) hasilnya non reaktif, setelah itu dipulangkan ke rumahnya,” ujar Sanem.

Namun, kata Sanem, pada 19 September 2020 pasien ini lantas datang ke salah satu rumah sakit swasta di Tanjungpandan untuk melakukan rapid test kembali. Saat rapid test tersebut ia dinyatakan reaktif.

“Pasien ini juga ada keluhan seperti demam dan sakit tenggorokan dan setelah dicek di radiologi ada gambar pneumonia dan diputuskan pasien harus menjalani isolasi mandiri di rumah,” jelas Sanem.

Sanem menambahkan petugas RSUD dr H Marsidi Judono lantas memutuskan melakukan pengambilan swab kepada pasien dan dilakukan pengujian dengan alat TCM di Laboratorium Biomedis RSUD pada hari ini dengan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Saat ini pasien sedang diisolasi dan diobservasi di rumah sakit guna menentukan tingkatan berat penyakit, serta merencanakan penatalaksanaan penyakit,” sebut Sanem. (fat)

About kabarbabel 2262 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.