Jembatan Bahtera Sriwijaya akan Jadi Jembatan Terpanjang di Indonesia, Bahkan Menyamai Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

BABEL, kabarbabel.com – Jembatan Bahtera Sriwijaya yang akan dibangun menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Bangka, Babel. Jembatan sepanjang kurang lebih 13,5 Km itu akan menjadi terpanjang di Indonesia bila selesai nantinya.

Diketahui,  saat ini lima besar jembatan terpanjang  di Indonesia yakni:

1.Jembatan Suramadu (Jawa Timur)

Jembatan penghubung Surabaya-Madura ini memiliki panjang 5,43km.

2. Pasupati (Jawa Barat)
Jembatan yang terletak di Bandung ini menghubungkan Terusan Pasteur-Jalan Suropati, Bandung panjangnya 2,1km.

3.Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah (Riau)

Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah panjangnya 1,1km menghubungkan Kabupaten Siak-Jalan lintas Pekanbaru.

4.Jembatan Merah Putih (Maluku)

Jembatan sepanjang 1,1km menghubungkan antara Kecamatan  Sirimau dengan Desa Hative Kecil Galala Kecamatan Teluk Ambon.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman ketika menerima kunjungan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru ke Babel beberapa waktu lalu mengutarakan pihak Bappenas sudah menganggarkan permasalahan ini hingga tahun 2024. Detail Engineering Design (DED) sudah selesai sehingga nantinya antara Pulau Bangka dan Sumatera Selatan tidak berjarak lagi.

“Kalau Jembatan Sumatera – Bangka sudah dibangun nanti, tentu akan memberikan dampak positif yang luar biasa bagi perekonomian kedua wilayah,” ujar Erzaldi Rosman.

Keberadaan Jembatan Bahtera Sriwijaya nantinya bila telah selesai setara dengan jembatan terpanjang di Asia Tenggara, yakni Jembatan Penang. Jembatan Penang di Malaysia atau dikenal Jambatan Pulau Pinang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia.

Diresmikan pada 14 September 1985, Jembatan Penang memiliki panjang mencapai 13,5 km.  Tentunya ini setara dengan Jembatan Bahtera Sriwijaya. Kalau diukur detail panjangnya, panjang mana ya antara Jembatan Bahtera Sriwijaya dengan Jembatan Penang?.(kbc)

About kabarbabel 2201 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.