299 WBP Sungailiat Ikut Rapid Test

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Sebanyak 299 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas kelas II B Sungailiat, menjalani rapid test guna mencegah Covid-19 di lingkungan lapas.

Baca Juga : Ketua KPU RI Positif Covid-19

Kasi Pembinaan Narapidana dan Kegiatan Kerja (Kasibinapigiatja), Lapas Kelas II B Sungailiat, Al Ihsan mengatakan, rapid test yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bangka ini, sebagai tindaklanjut instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020 bahwa setiap penerimaan tahanan baru wajib menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari proses masuk sampai pada proses penempatannya di blok hunian lapas.

Selain itu, rapid test untuk memutus mata rantai penyebaran virus dalam lingkungan lapas, juga sebagai upaya pemenuhan hak dasar kesehatan bagi warga binaan yang rutin mendapatkan asupan vitamin untuk menjaga stamina

“Warga binaan yang diketahui reaktif akan dilakukan karantina di ruang tersendiri yang sudah disedia dengan lebitkan ti. gugus tugas,” jelas Ihsan, Sabtu (19/9).

Selain WBP, penerapan protokol kesehatan Covid-19 selain diberlaku bagi warga binaan, diterapkan pula oleh seluruh pengunjung lapas. Mulai dari pengukuran suhu tubuh, mewajibkan memakai masker, mencuci tangan.

“Bagi warga binaan yang baru masuk hendaknya pula dilengkapi dokumen hasil rapid test untuk memastikan yang bersangkutan dalam kondisi sehat,” jelasnya.

Menurutnya, rapid test yang baru pertama kali dilakukan diharapkan berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan warga yang reaktif.(rul/kbc)

About kabarbabel 2245 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.