Polman Babel Siap Produksi Sepeda Lipat PGK

Tim Pengembang dan produksi Polmanbabel Rodika, Sugeng Ariyono, Dedy Ramdhani, Husman (dari kanan ke kiri) di Bengkel Polmanbabel, Selasa(15/9). Foto : Ist/Humas Polmanbabel

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Polman Bangka Belitung siap memproduksi sepeda lipat PGK (Pangkalpinang Gowes Bike) sebagai branding Pangkalpinang. Peresmian sepeda lipat PGK tersebut akan launching bertepatan pada Hari Ulang Tahun ke-263 Kota Pangkalpinang.

Produksi PGK menjadi ikon Pangkalpinang ini merupakan hasil kerjasama antara Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polmanbabel) dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Polmanbabel siap memproduksi sepeda lipat dengan proses manufaktur yang di desain oleh Walikota Pangkalpinang.

Tim pengembang Polmanbabel yang diketuai oleh Sugeng Ariyono, M.Eng., Ph.D. (Direktur Polmanbabel 2016-2020), bersama anggota tim produksi Dedy Ramdhani Harahap, Husman, Rodika, dan Agus Wanto mendapat tantangan dalam memproduksi sepeda lipat tersebut dengan desain yang diberikan memiliki keunikan tersendiri untuk dijadikan sebagai ikon Pangkalpinang.

“Alhamdulillah, kami (Polmanbabel) telah dapat menyelesaikan 2 buah prototype sepeda lipat yang akan launching pada Hari Ulang Tahun Kota Pangkalpinang nanti,“ ujar Sugeng Ariyono, Kamis (17/9).

Sugeng menambahkan proses produksi sepeda lipat akan terus dilakukan oleh tim pengembang Polmanbabel jika ada permintaan untuk memproduksi frame sepeda tersebut atau desain frame sepeda lainnya. Salah satu yang akan disiapkan adalah mesin mold untuk membentuk frame, jig fixture, dan lini produksi di Bengkel Polmanbabel sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang berminat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Polmanbabel periode 2020-2024 I Made Andik Setiawan, M.Eng., Ph.D, menyambut baik capaian yang telah dihasilkan oleh Polmanbabel dalam mengembangkan produk yang nantinya akan menjadi unggulan daerah.

“Suatu kebanggaan bagi Polmanbabel apabila bisa diberdayakan oleh pemerintah daerah dan stakeholder dalam memajukan daerah,” ungkap Made dalam sambutannya saat menerima kunjungan Walikota Pangkalpinang untuk meninjau kesiapan Sepeda Lipat PGK di Bengkel Mekanik Polmanbabel.

“Semoga dengan sepeda lipat ini bisa menambah kepercayaan masyarakat untuk menitipkan anak-anak Bangka Belitung untuk menimba ilmu dan keterampilan di Polmanbabel sehingga semakin banyak memunculkan bakat-bakat baru di Provinsi Bangka Belitung ini,” lanjut Made.

Terkait keinginan Walikota Pangkalpinang untuk memproduksi sepeda lipat PGK ini dalam jumlah banyak, Polmanbabel akan menggandeng pihak-pihak terkait lainnya seperti Babelcycle untuk menunjang kegiatan produksi yang nantinya akan dilaksanakan di Polmanbabel. Sinergitas yang dibangun dengan pemerintah daerah ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus berkarya ditengah pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Ini menjadi icon kita, kebanggaan kita dengan harga yang boleh dikatakan tidak terlalu mahal tetapi bisa juga menjual Pangkalpinang itu jauh lebih baik. Kita yang murah meriah sajalah, tapi yang berkualitas,” ungkap Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil.(rel/kbc)

About kabarbabel 2241 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.