Lahan Bumi Perkemahan Milik Pemkab Bangka Dihajar TI

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bangka melakukan razia tambang inkonvensional di Bumi Perkemahan, Rabu (9/9). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Lahan milik Pemerintah Kabupaten Bangka yang berada di Bumi Perkemahan (Buper) Tambang 23 Sungailiat, saat ini habis dihajar tambang pasir dan timah ilegal.

Baca Juga : Pendaki Hilang di Gunung Maras

Menyikapi itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Polres Bangka dan lainnya Rabu (9/9) langsung melakukan razia. Sayang, saat tiba di lokasi tak satu pun aktivitas pertambangan berlangsung. Namun, sejumlah alat mulai dari pipa, mesin dan lainnya tampak masih berada di lokasi.

Kabid Penegakkan Perundang-Undangan Satpol PP Bangka Dody Fitriansyah mengakui, lahan yang di tambang adalah aset milik Pemkab Bangka. Luas lahan mencapai 20,7 hektare.

“Luas lahan berdasarkan data sementara dari bagian aset adalah 20,7 hektare. Namun, lahan yang ditambang kita kurang tahu pasti berapa luasannya,” kata Dody.

Dody menjelaskan, aktivitas pertambangan sendiri sudah berlangsung selama satu bulan. “Kemarin sudah kita pantau. Ada satu unit alat berat dan 4 unit TI apung yang beroperasi disana. Jadi kita secara persuasif saja dulu,” ujarnya.

Kabag Ops Polres Bangka AKP Teguh Setiawan menambahkan, razia dilakukan juga sebagai tindaklanjut dari instruksi bupati. Menurutnya, langkah secara persuasif dengan memberikan imbauan juga terus dilakukan.

“Kedepan Babinsa, Bhabinkamtibmas untuk menghubungi karena mereka yang tahu dan kenal dengan masyarakat, untuk dapat mengangkat alat. Tadi tempat sangat susah ditengah, kekuatan kita dan tidak ada alat juga,” kata AKP Teguh.

Apakah razia bocor? AKP Tegus mengaku tak tahu menahu. Saat tiba di lokasi kata dia, sudah tidak ada aktifitas apapun.(rul/kbc)

About kabarbabel 2241 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.