Rumah Rusli Ludes Terbakar Saat Tengah Malam, Sempat Terdengar Suara Ledakan

Api berkobar melalap rumah Rusli, Minggu (30/8/2020) sekira pukul 1.00 WIB. (Screenshot Video)

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Sebuah rumah semi permanen yang terletak di Jalan Gatot Subroto RT17/07 No 05, Kelurahan Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung ludes terbakar, Minggu (30/8/2020) sekira pukul 01.00 WIB.

Belakangan diketahui penyebab terbakarnya rumah milik warga bernama Rusli ini diduga karena kebocoran tabung gas, dikarenakan sebelum kebakaran, sempat terdengar suara ledakan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,  Namun akibatnya seluruh perabotan seperti meja, kursi, lemari, dan yang lainnya ikut ludes terbakar.

Selain itu, rombongan petugas Damkar Belitung sempat mengalami kendala, karena akses jalan masuk ke lokasi lumayan sempit, ditambah kerumunan warga yang berdatangan untuk melihat kebakaran tersebut.

Komandan Regu 1 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Belitung M Husin mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat sekira pukul 01.15 WIB.

Berbekal informasi tersebut, Damkar langsung menuju ke lokasi kejadian dengan menurunkan tiga armada dan 10 personel, dan dibantu dengan empat orang anggota TRC BPBD Belitung

“Setelah kurang lebih satu jam berjibaku, akhirnya api berhasil dipadamkan, walupun ada jendela rumah tetangga yang gosong akibat lalapan api,” ungkap M Husin saat dihubungi KabarBabel.com, Minggu (30/8/2020) pagi.

Pemadam Kebakaran mengimbau kepada masyarakat Belitung agar tetap waspada, apabila keluar rumah jangan lupa mencabut perabotan terhubung listrik yang bisa menimbulkan api.

“Jadi kepada masyarakat agar senantiasa teliti dan jangan sembarangan. Karena sekarang sudah mulai memasuki musim panas,” kata M Husin.

Rusli (47), sang pemilik rumah sedang terlelap tidur saat rumahnya dilalap api. Ia tinggal berdua dengan anaknya yang masih bujang. Saat peristiwa berlangsung, keduanya masih dalam keadaan tidur di rumah semi permanen yang telah ditempatinya selama puluhan tahun tersebut.

Beruntung Rusli dan anaknya selamat dari kobaran api yang meluluhlantakkan rumahnya. Ia terbangun karena merasa panas kobaran api, lalu membangunkan anaknya dan keluar dari rumah.

Rusli harus merelakan rumah tersebut dan isi perabotan rumah kini hanya menyisakan puing-puing. Belum diketahui penyebab asal titik api yang membakar rumahnya itu.

“Belum tau apinya dari mana, karena kami sedang tidur. Ketika bangun api sudah membesar. Awalnya api dari ruang tengah, seketika pas bangun, kami langsung bergegas keluar minta tolong,” kata bapak empat anak ini saat ditemui awak media, Minggu (30/8/2020) siang.

Rusli mengaku sempat shock melihat api membumbung tinggi menghanguskan rumahnya, bahkan ia pun tidak bisa menyelamatkan harta benda karena api sudah melalap seluruh bagian rumah.

Rusli juga mengungkapkan, terkait informasi sempat terdengar ledakan, suara itu berasal dari tabung penyemprot nyamuk yang kebetulan berada di ruang tengah. Ia sempat menyelamatkan tabung gas ukuran 12 kg yang berada di dapur.

“Tabung gas berhasil saya ambil, suara ledakan ini dari kaleng obat nyamuk. Semuanya ludes terbakar, termasuk pakaian, berkas anak-anak, dan barang-barang, penting lainnya,” ungkap Rusli. (fat)

About kabarbabel 2060 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.