Yusmiati Mulkan Belajar Buat Gula Merah dari Kelapa Sawit

BAKAM, KABARBABEL.COM –
Melakukan pembinaan dan merasakan memproduksi sendiri gula merah rumahan yang terbuat dari buah kelapa sawit, Ketua TP KK Bangka Yusmiati Mulkan,SE belajar langsung di rumah produksi milik Kartonadi yang terletak di Desa Tiang Tarah, Kecamatan Bakam, Selasa (25/08/2020).

Gula merah dari kelapa sawit ini mudah dibuat dan terobosan baru di Kabupaten Bangka. Air pembuatan gula merah diambil dari pohon sawit yang sudah tidak produktif lagi.

Dari satu pohon sawit bisa didapat 20 sampai 30 liter air sawit yang diolah setelah dicampur dengan gula pasir.

Setelah dimasak selama satu jam, gula merah hasil buatan Yusmiati pun selesai dan siap digunakan.

Selain mempelajari pembuatan gula merah sawit di Tiangtarah ini, Yusmiati juga menyempatkan diri panen terong milik PKWT Paras Indah Desa Marasenang.

Terong ini merupakan salah satu hasil produksi dari PKWT selain ternak ayam, kebun jagung yang menyangga perekonomian keluarga PKWT, karena setiap panennya, terong dan hasil produksi ternak dan pertanian yang ditanam di 1000 meter persegi ini dapat menghasilkan keuntungan perbulan yang cukup menopang keuangan keluarga anggota PKWT.

Yusmiati berharap kunjungan sekaligus monitoring kegiatan PKK desa ini bisa membuat koordinasi lebih lancar dan lebih teroorganisir.
“Mudah – mudahan bisa menjadi dorongan dan motivasi bagi PKWT dan para ibu ibu di desa, sehingga desa berkembang,” kata Yusmiati.

Selain itu, Yusmiati juga berharap industri rumahan dan pemanfaatan lahan kebun lebih produktif digiatkan para ibu – ibu baik yang tergabung dalam PKWT atau tergabung dalam tim penggerak PKK desa, yang berujung pada penopangan ekonomi keluarga.

Monitoring ini dilakukan di tiga desa di Kecamatan Bakam, Mara Senang, Kapuk dan Tiang Tara. Diharapkan dengan kedatangannya ke desa – desa dapat menjadi energi positif bagi setiap desa yang dikunjungi.(rul/kbc)

About kabarbabel 2047 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.