Sembuh dari Covid-19, Pasien Disarankan Tetap Rutin Kontrol ke Dokter

Ilustrasi Covid-19. (Net)

JAKARTA, KABARBABEL.COM – Meski sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, pasien disarankan untuk rutin kontrol ke rumah sakit, paling tidak sebulan sekali.

“Untuk pasien baru sembuh, disarankan kontrol ke dokter secara rutin paling tidak satu bulan sekali,” kata dokter penyakit dalam dr. Dirga Sakti Ramve, M. Sc, Sp.PD dalam siaran langsung Instagram bersama Dokter umum Adam Prabata.

Sementara itu, dokter Adam menjelaskan bahwa 60 hari pertama pasca pasien dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19 masih dapat mengalami gejala tertentu. Karena itu, disarankan pasien tetap melakukan kontrol rutin.

“Ada penelitian kalau dalam jangka waktu 60 hari pasca pulang dari rumah sakit, 80 persen pasien masih bergejala,” kata dokter Adam.

Menurutnya, gejala yang paling sering terjadi adalah kelelahan, sesak napas, hingga nyeri sendi. Selain itu, selama beberapa bulan, fungsi paru-paru pasien akan menurun.

“Dalam 1-3 bulan, 40-70 persen fungsi parunya turun. Terutama keluhan sesak kalau mau aktivitas atau olahraga,” ujar kandidat medical sience di Universitas Kobe Jepang itu.

Adam menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada obat spesifik untuk Covid-19. Kendati telah ada sejumlah penelitian untuk vaksin, menurut Adam, tetap perlu waktu untuk dilakukan uji klinis dan bisa digunakan sebagai penangkal virus corona.

Sementara itu, dokter Dirga mengingatkan, sekalipun vaksin telah berhasil diciptakan, protokol kesehatan tetap harus dilakukan.

“Kalau pun vaksin sudah ada, tetap harus pakai masker, cuci tangan, jaga jarak,” kata Dirga.(suara.com)

About kabarbabel 2058 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.