Anggota DPRD Bangka Ini Minta Dibuat Regulasi Penentuan Harga Singkong

Anggota DPRD Bangka Taufik Koriyanto. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Anggota DPRD Bangka Topik Koriyanto meminta Pemda Bangka Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat secara bersama-sama membuat regulasi akan penentuan harga singkong, terutama secara kabupaten dan regulasi mengenai kadar aci.

Menurut Taufik, penentuan kadar aci dan harga singkong ini sangat rentan akan terjadi permainan curang yang dilakukan oknum perusahaan yang tidak bertanggung jawab.

“Kalau Pemda tidak bijak membuat regulasi tersebut, maka secara terus menerus petani merasa akan dirugikan pihak perusahaan,” ujarnya.

Dikatakannya, kebetulan pabrik tapioka di Kabupaten Bangka ini yang masih berjalan ada dua perusahaan
Diantaranya PT BAA di Kecamatan Sungailiat dan PT SBP di Kecamatan Puding Besar.

“Jadi diharapkan Pemda Bangka dapat secara tegas membantu masyarakat, terutama petani singkong ini,” harapnya.

Lebih lanjut, kalaupun Pemda Bangka tidak merespon, maka DPRD akan mengambil sikap. Supaya mendesak Pemda untuk memberikan sangsi terhadap perusahaan tersebut, baik secara lisan maupun pencabutan izin nya.

“Karena itu dijelaskan seperti didalam Undang-Undang nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT). Dan Pemda mempunyai kewenangan untuk memberikan teguran secara lisan dan mencabut izin perusahaan yang tidak mematuhi aturan yang dibuat sebelumnya,” pungkasnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2051 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.