Basel Siap Jadi Bagian Integral Pengembangan Food Estate

Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo menerima cinderamata dari Bupati Basel Justiar Noer. Foto : ist/Humas Pemkab Basel

TOBOALI, KABARBABEL.COM – Potensi pengembangan lahan pertanian di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sangat besar. Saat ini, terdapat lebih dari 35.000 Ha. Terdiri dari sebaran lahan existing sebesar 15.869 Ha dan lahan cadangan pangan berkelanjutan 19.130 Ha.

Baca Juga : Mentan Sahrul Yasin Hadiri Panen Raya Desa Rias Bupati Basel Justiar Noer mengatakan, pengembangan potensi lahan pertanian di daerah ini sejalan dengan program yang digagas oleh Presiden Jokowi.

“Yaitu food estate. Insya allah Basel siap menjadi bagian integral pengembangan food estate di Indonesia,” ujarnya kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo saat panen raya di Desa Rias, Jumat (7/8).

Dari segi produksi padi, Basel pada semester I tahun 2020 telah memproduksi padi sebesar 18.074 ton. Diharapkan pada hingga akhir tahun akan tembus di angka 30.000 ton sehingga Basel dapat mencapai swasembada beras.

“Ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini pada triwulan II tahun 2020, secara nasional, produk domestik bruto atau PDB sektor pertanian masih dapat tumbuh sebesar 16,24 persen,” terangnya.

“Dimana 9,23 persennya disumbang oleh PDB sub sektor tanaman pangan. Tentu ini menjadi acuan daerah guna memperkuat kebijakan sektor pertanian,” sambung Justiar Noer.

Melalui Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan (DPPP) Basel, pemkab terus berupaya meningkatkan nilai tukar petani dengan program/kegiatan yang berfokus pada penyediaan sarana dan prasarana pertanian.

“Pengembangan kawasan agropolitan, agrotechnopark serta aktif dalam pengembangan daerah kawasan perkotaan baru atau KPB. Semoga pertumbuhan sektor PPDB sektor pertanian Basel tetap tumbuh positif dsn nilai tukar petani dapat diatas 110 poin,” jelasnya.(dev/kbc)

About kabarbabel 2187 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.