10 Ribu Cangkang Sawit Babel Tembus Jepang

BELINYU, KABARBABEL.COM – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman dan Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat melepas pengiriman ekspor perdana cangkang sawit melalui Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Kabupaten Bangka, Kamis (6/8). Jumlahnya mencapai 10 ribu ton.

Baca Juga : Gubernur Babel Gagas Satu Rumah Satu Sarjana

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menjelaskan, merupakan suatu keberkahan tersendiri. Setelah sebelumnya mengekspor komoditi yang tadinya suatu limbah. “Dan alhamdulillah hari ini limbah tersebut bisa termanfaatkan oleh negara lain, tentunya ini suatu keberkahan,” kata Erzaldi.

Dengan diekspornya cangkang sawit ini ditambahkan Erzaldi, akan menambah pendapatan devisa negara dan daerah. 

Selain itu, Erzaldi juga memberikan tugas kepada PT. Budi Agri Sejahtera (BAS) dan Samsung CNT sebagai perusahaan improtir, agar dapat meningkatkan lagi nilai jual dari cangkang sawit ini.

Baca Juga : Ketua Koperasi Gelapkan Rp800 Juta

“Agar nanti pada tahun berikutnya, atau dalam tempo satu tahun, cangkang ini sudah bisa diekspor dalam bentuk briket, jadi ada nilai tambah lagi kedepan,” ujarnya.

Pengolahan cangkang sawit ini diungkapkan Erzaldi, tentunya akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Bangka dan menambah nilai ekspor.

Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat maupun para pelaku usaha agar dapat terus berkreasi dan berinovasi agar komoditi-komiditi lainnya juga dapat diekspor.(rel)

About kabarbabel 2051 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.