Akhir Tragis Buaya Kayu Besi, Jadi Tontonan Warga, Mati Lalu Dikubur dengan Ritual Khusus

Tangkapan layar saat warga membawa buaya sepanjang 4,5 meter dengan alat berat. Foto : ist

PUDINGBESAR, KABARBABEL.COM – Buaya sepanjang 4,5 meter yang ditangkap warga Sempan dan Kayu Besi, Kabupaten Bangka akhirnya mati, Selasa (4/8) sore. Buaya sebelumnya ditangkap warga pada Senin (3/8) lantaran menerkan salah satu warga saat mencari ikan.

Baca Juga : Buaya Sungai Angkup Ditangkap Warga

Sebelum dikubur. Buaya terlebih dahulu bagian tubuhnya dipisah antara badan dan kepala. “Penguburan juga dilakukan lewat ritual khusus adat dipimpin pawang buaya dan toko adat setempat,” kata Sekretaris Desa Kayu Besi Junaidi, Rabu (5/8).

Junaidi menambahkan, lokasi penguburan adalah di tepian Sungai Kayu Besi. “Diangkut dengan alat berat untuk memindahkannya. Dari lapangan ke tepian sungai,” tambahnya.

Dari video yang beredar, buaya seberat setengah ton ini diangkut menggunakan alat berat. Tampak sejumlah warga dengan mengendarai sepeda motor mengiringi alat berat yang membawa buaya itu.

Ditangkap Pawang

Seekor buaya raksasa yang selama ini meresahkan warga berhasil ditangkap warga di Sungai Angkup pada Senin (3/8/2020), petang.

Buaya sepanjang 4,5 meter dengan berat mencapai 500 kilogram tersebut berhasil ditangkap, setelah warga meminta bantuan pawang dari Desa Kayu Besi Kecamatan Pudingbesar.
“Penangkapan buaya dilakukan dengan cara dipancing mengunakan umpan kera. Kalau berat hampir mencapai setengah ton,” ujar Warga Desa Sempan, Bambang pada Senin (3/8/2020).

Menurut Bambang, buaya tersebut dikabarkan pernah menyambar warga Desa Kayu Besi.

“Pernah nyambar warga Kayu Besi. Tapi berhasil selamat karena ada rekan yang menolong,” ungkapnya.

Bambang memperkirakan, buaya tersebut bukan berasal dari daerah tersebut. Diakuinya, buaya yang selama ini terlihat saat masyarakat mencari ikan, tidak sering mengganggu

Penangkapan buaya oleh warga tersebut sempat diabadikan warga melalui video berdurasi 1 menit 13 detik.

Dalam video yang sengaja direkam warga  tampak buaya masih dalam keadaan hidup. Namun pada bagian mulut dan kaki sudah terikat pada sebatang kayu.(rul/kbc)

About kabarbabel 2051 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.