Kecamatan Belinyu Miliki Potensi Pariwisata Kelas Dunia

Wakil Bupati Bangka Syahbudin.,S.Ip. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka ternyata memiliki potensi pariwisata kelas dunia. Salah satunya Taman Batu Metamorf.

Taman Batu Metamorf berada disepanjang pesisir Pantai Dusun Pejem-Tengkalat, Lingkungan Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin.,S.Ip menjelaskan, keberadaan Batu Metamorf ada di Pulau Bangka khususnya di Kabupaten Bangka bagian utara. Ini kata Syahbudin sangat menarik untuk dijadikan objek wisata alam.

“Taman Batu Metamorf ini kelas dunia. Terletak di Pesaren Belinyu. Jika dikembangkan, akan mengundang banyak wisatawan. Termasuk ahli-ahli geologi,” kata Syahbudin di rumah dinas bupati bangka, Senin (3/8).

Syahbudin menjelaskan, di lokasi ini terdapat bebatuan yang berumur 47 juta tahun yang lalu. Umur ini lebih tua dari pada zaman dinosaurus.

Diketahui, Batuan Metamorf (atau batuan malihan) adalah salah satu kelompok utama batuan yang merupakan hasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya, protolith, oleh suatu proses yang disebut metamorfisme, yang berarti “perubahan bentuk”.

Batuan asal atau protolith yang dikenai panas (lebih besar dari 150 °Celsius) dan tekanan ekstrem (1500 bar), akan mengalami perubahan fisika dan/atau kimia yang besar. Protolith dapat berupa batuan sedimen, batuan beku, atau batuan metamorf lain yang lebih tua.(rul/kbc)

About kabarbabel 2023 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.