Kelurahan Matras Usulkan Ruang Terbuka Hijau

Lurah Matras Ridwan

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Kelurahan Matras, Kabupaten Bangka akan mengusulkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berlokasi tepat di depan Villa Puri Ansel. RTH kata Lurah Matras Ridwan diperuntukan sebagai tempat bermain anak-anak maupun tempat berkumpul masyarakat untuk melakukan kegiatan sosial atau berolahraga.

Baca Juga : Hiii…Ada Cacing di Hati Sapi Kurban Rumah Dinas Bupati Bangka

“Rencananya RTH akan kita kembangkan di depan Villa Puri Ansel. Itu merupakan tanah milik kelurahan,” kata Ridwan, Sabtu (1/8/2020).

Saat ini sambung Ridwan, lokasi tersebut adalah tanah kosong yang ditumbuhi pepohonan serta timbunan pasir yang tidak rata atau berbukit. “Lokasi RTH sangat strategis. Yakni berdekatan dengan kawasan pemancingan, kawasan Puri Ansel dan Kawasan Wisata Tongaci. Di lokasi perencanaan ini kini sudah dilengkapi oleh fasilitas seperti musholla dan toilet,” tambahnya.

Sebagi tindaklanjut awal dari pembangunan RTH ini kata Ridwan, mahasiswa KKN XV UBB didampingi Kurniawan, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), sudah mengambil foto udara dengan menggunakan drone pada Sabtu, tanggal 25 Juli 2020 yang berlokasi tepat di lahan yang akan direncanakan untuk dibangun Ruang Terbuka Hijau.

Baca Juga : Pemkab Bangka Kurban 29 Ekor Sapi di Rumah Dinas Bupati
“Setelah melakukan survey lapangan serta pemetaan menggunakan drone, diketahui bahwa luasan kawasan perencanaan adalah seluas 2,35 Ha. Tim KKN Matras membuat sebuah peta masterplan atau peta kawasan detail perencanaan dengan membagi lahan tersebut menjadi beberapa zona. Zona perencanaan yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1) Zona Pusat Jajanan; 2) Zona Playground; 3) Zona Lapangan Badminton; 4) Zona Gym Outdoor; 5) Zona Kolam retensi atau wisata air; dan 6) Zona Jogging Track,” bebernya.

Ridwan berharap, pembangunan RTH ini dapat disambut baik masyarakat dan didukung oleh banyak pihak. Mulai dari pemerintah daerah hingga pihak lainnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2056 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.