Hiiiii…..Ada Cacing di Hati Sapi Kurban Rumah Dinas Bupati Bangka

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Elius Gani bersama drh.Saprianti, saat mengecek kondisi hati sapi yang dipotong di rumah dinas Bupati Bangka, Sabtu (1/8). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka menemukan cacing di hati sapi yang dikurban saat Iduladha 2020, di rumah dinas Bupati Bangka, Sabtu (1/8).

Baca Juga: Pemkab Bangka Potong 29 Ekor Sapi di Rumah Dinas Bupati

Dokter Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka drh.Saprianti menjelaskan, dengan adanya penemuan ini maka hati dari sapi tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

“Hatinya tidak layak konsumsi. Maka harus dibuang,” kata dia usai melakukan pemeriksaan di rumah dinas bupati bangka.

Meski demikian, untuk daging dari sapi itu sendiri sambung dia, aman untuk dikonsumsi oleh manusia. “Kalau daging aman. Boleh dimakan. Termasuk organ-organ yang lain. Itu aman,” sambungnya.

Sementara untuk hati yang ada cacing tambah drh.Saprianti, jika terkonsumsi oleh manusia maka dapat menular ke manusia. Untuk itu, pihaknya sambung dia tidak mengizinkan untuk di konsumsi.

“Biasanya berasal dari faktor makanan. Rata-rata sebagian besar sapi yang dipasok berasal dari luar Bangka Belitung,” ucapnya.

Baca Juga : Tradisi Ziarah Kubur yang Melekat di Masyarakat Bangka

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Elius Gani membenarkan, jika tim menemukan cacing di hati sapi yang dipotong di rumah dinas bupati bangka. “Dari 29 ekor sapi yang dipotong, tadi kita temukan satu sapi yang hatinya ada cacing,” bebernya.

Untuk itu sambung dia, hati dari sapi tersebut langsung dibuang karena tidak layak untuk konsumsi.(rul/kbc)

About kabarbabel 2024 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.