Ada Cacing di Hati Hewan Kurban, Kadispangtan Bangka: Dagingnya Sehat

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Bangka Elius Gani membenarkan adanya penemuan cacing di hati sapi yang dikurbankan.

Baca Juga : Hiiii….Ada Cacing di Hati Sapi Kurban Rumah Dinas Bupati Bangka
Namun, cacing tersebut hanya berada di hati saja, dagingnya tetap dalam keadaan sehat. “Biasanya kasus terdapat cacing seperti ini ada di hati saja,” ujarnya di rumah dinas bupati bangka, Sabtu (1/8/2020).

“Yang kena itu sebanyak 1 sapi. Hatinya saja, tapi dagingnya sehat. Kemudian, hati tersebut langsung dibuang oleh petugas,” tuturnya.

Namun, kata dia, untuk mencegah terjadinya penyakit, hati yang terdapat cacing tersebut langsung dibuang oleh petugas dan tidak dicampurkan dengan yang lain.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bangka pada Iduladha 2020 melakukan pemotongan sapi kurban sebanyak 39 ekor. Dimana, 29 diantaranya dipotong di rumah dinas bupati bangka. Sedangkan 10 ekor sapi lainnya, disebar di beberapa masjid di Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka Mulkan,SH,MH yang memantau secara langsung pemotongan hewan kurban, menyampaikan, dari 39 sapi berasal dari 26 OPD, 1 PT GPL, 1 Bank Sumsel Babel dan 1 dari pribadi dirinya sebagai bupati Bangka.

“Total keseluruhan ada 39 sapi kurban. Merupakan hasil sumbangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi seperti Bank Sumsel Babel, PT GPL dan lainnya,” kata Mulkan.(rul/kbc)

About kabarbabel 2056 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.