Tradisi Ziarah Kubur yang Masih Melekat di Masyarakat Bangka

Masyarakat melakukan ziarah di TPU Air Ruay, Kabupaten Bangka, Jumat (31/7). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Ziarah ke makam sanak saudara yang telah meninggal dunia di hari lebaran merupakan tradisi masyarakat sejak dulu.

Di hari pertama Idul Adha 1441 H sebagian besar masyarakat mendatangi Pempat Pemakamam Umum (TPU).

Seperti terpantau di TPU Air Ruay, Desa Air Ruay, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka . Satu persatu masyarakat berdatangan memadati TPU tersebut.

“Ziarah ke makam memang di hari pertama lebaran merupakan tradisi kami sejak lama, dan tradisi ini memang harus terjaga,” ungkap Deli, salah seorang peziarah, Jumat (31/7/2020).

Ia mengaku ziarah ke makam neneknya bersama sanak saudaranya membaca surat yasin, tahlil dan berdoa serta membersihkan pemakaman dari rerumputan liar.

“Anak-anak kami bawa agar mereka juga tetap melakukan hal sama di kemudian hari,”  katanya.

Tradisi ziarah kubur biasanya ramai dilakukan mulai dari H+1 sampai beberapa hari depan. Bahkan tidak jarang di luar hari-hari itu masih terdapat sejumlah warga yang datang untuk berziarah ke makam saudara dan kerabatnya di TPU tersebut.

“Kami memilih ziarah ke makam bapak di hari pertama lebaran, sebelum silaturahmi ke sanak saudara nantinya,” ujar Tedy (30) warga lain menambahkan.(rul/kbc)

About kabarbabel 2062 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.