Kabupaten Bangka Bakal Miliki Mall Pelayanan Publik

Kapolres Bangka AKBP Widi ikut menyalurkan sembako ke warga. Foto : ist

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Pemerintah Kabupaten bersama Polres Bangka menyediakan Mall Pelayanan Publik sebagai upaya peningkatan pelayanan.

Mall tersebut merupakan layanan publik satu pintu, dalam kepengurusan sejumlah administrasi kependudukan yang dibutuhkan masyarakat. Seperti pembuatan SIM, SKCK, KTP, kartu kuning pencari kerja dan lain sebagainya.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan menyebutkan, Mall Pelayanan Publik merupakan tempat integrasi dimana pelayanan publik dijadikan satu. Sehingga mempermudah masyarakat terutama yang datang dari desa dan jarak jauh.

“Warga masyarakat sudah tidak perlu lagi harus keliling – keliling, ketika misalnya dia laporan kehilangan terkait dengan suatu barang, dia harus keliling – keliling ke tempat – tempat lain, tapi cukup disatu tempat terintegrasi,” jelas Kapolres Widi, Rabu (29/7/2020).

Kapolres menjelaskan, apa yang dilakukan sejalan dengan keinginan Presiden bahwa tugas dari pemerintah adalah memudahkan bagi masyarakat ketika membutuhkan bantuan.

“Jadi tidak ada lagi model lama, kalau bisa dipersulit kenapa harus di permudah,” katanya.

Untuk realisasi Mall Pelayanan Publik, sekitar September 2020, yang juga menjadi penilaian sebagai zona integritas dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

Keberadaan Mall itu tidak semata karena penilaian, namun pemda sudah memikirkan untuk perencanaan Mall Pelayanan Publik yang terintegrasi dalam satu pintu.

Sementara, Bupati Bangka Mulkan menegaskan sekarang ini semua dituntut meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

“Semua serba cepat, masyarakat merasa puas terhadap pelayanan tersebut, apapun kebutuhan masyarakat bisa diajukan secara terpadu dengan cepat,” kata Bupati Mulkan. 

Dengan satu pintu, semua kepengurusan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat bisa dilakukan dalam sekian jam.

Rencana keberadaan Mall Pelayanan Publik akan menggunakan bangunan milik pemda di Jalan Pemuda Sungailliat, yang masuk dalam kawasan perkantoran dan sekolah.(rul/kbc)

About kabarbabel 2040 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.