Inovasi Abang Timah Untuk Bu Disa Masuk Top 45, Pemkab Bangka Terima DID Rp8 Miliar

Bupati Bangka Mulkan,SH,MH. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka menerima tambahan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp8 miliar dari pemerintah pusat. Hal ini lantaran, Pemkab Bangka berhasil masuk Top 45 dari inovasi “Abang Timah Untuk Bu Disa”.

Bupati Bangka Mulkan di DPRD Kabupaten Bangka mengatakan, penambahan DID tersebut setelah melalui hasil penilaian tahap pertama Top 99 lomba Sinovik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI Tahun 2020 untuk kategori umum.

“Kita bersyukur, karena inovasi “Abang Timah Untuk Bu Disa” kita masuk Top 45. Jadi ada penambahan DID dari pusat sebesar Rp8 miliar,” kata Mulkan.

DID sambung Mulkan, akan digunakan untuk mendukung kegiatan pembangunan karena sebelumnya pergeseran dana dari sumber yang sama untuk percepatan penanganan Covid-19 nilainya cukup banyak.

Inovasi “Abang Timah Untuk Bu Disa” masuk dalam Top 45 lomba Sinovik se-Indonesia tahun 2020, merupakan keberhasilan pihaknya setelah tahun 2019 juga berhasil masuk dalam ajang yang sama untuk inovasi aplikasi ketersediaan darah “Ransel Si Dora”.

“Kami sudah merealisasikan pemanfaatan lahan bekas tambang biji timah untuk pengembangan padi sawah seluas lebih kurang delapan hektare yang mempunyai kemampuan produksi mencapai lebih dari empat ton per hektare,” kata Mulkan.(rul/kbc)

About kabarbabel 2031 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.