Peringati Hari Mangrove, Maspala STISIPOL Pahlawan 12 Tanam 1000 Bibit Mangrove

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove se-Dunia tahun 2020, Mahasiswa Pecinta Alam (MASPALA) STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka melakukan penanaman 1000 bibit mangrove di kawasan aliran muara jalan Laut Kelurahan Matras, Minggu (26/07/2020).

Ketua pelaksana kegiatan, Andi Rika Fardaliana mengatakan, timnya yang berjumlah 16 orang itu berhasil menanam 1000 bibit mangrove di peringatan hari Mangrove se-Dunia dan akan selalu menjaga dan merawatnya hingga bisa tumbuh dan berkembang.

“Dalam penanaman ini kami dari anggota MASPALA mengerahkan sebanyak 16 personel untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove ini dan menanam sebanyak 1000 bibit. Setelah di tanam nanti akan kita tinjau lagi, karena menanam bukan hanya sekedar di tanam saja, melainkan harus di rawat juga, dan kita harap bisa tumbuh dan akan merawat serta menjaganya,” ungkapnya

Ia juga mengatakan, di Indonesia sendiri sudah mempunyai 23% populasi pohon Mangrove yang harus di jaga dan dikembangkan lagi supaya bisa menahan kikisan di sekitar laut.

“Kita ketahui di Indonesia mempunyai populasi tanaman mangrove sekitar 23% dan itu adalah terbesar di Dunia, namun sayang karena adanya seperti kerusakan, dan mangrove adalah salah satu korbannya. Saya berharap Indonesia tetap menjaga prestasi sebagai salah satu negara yang mempunyai wilayah di penuhi dengan mangrove di tepi lautnya,” jelas Andi yang kerap di sapa Betam.

Ia berharap, semua orang bisa peduli terhadap populasi perkembangan pohon Mangrove dan bisa peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Saya harap semua orang peduli terhadap Mangrove, karena kalau kita peduli Mangrove berarti kita peduli terhadap bumi, bukan hanya Mangrove saja akan tetapi semua tumbuhan, karena sebagai pemuda harus peduli terhadap lingkungan,” ujar Betam.

Sementara itu, Ketua Umum MASPALA Miranda mengatakan, untuk kedepannya setelah penanaman ini akan selalu di pantau perkembanganya untuk mengevalusi hasil penanaman tersebut.

“Nanti untuk kedepan setelah penanaman ini kami akan mengarakahkan anggota kami untuk memantau kembali setiap bulannya bagaiamana kelanjutan bibit mangrove yang kami tanam ini, mudahan bisa tumbuh subur sehingga bisa menahan kikisan di sekitar pantai,” kata dia.

Terlihat dalam kegiatan tersebut, petugas dari Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka ikut mendampingi untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan.(rul/kbc)

About kabarbabel 2072 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.