Satu Pasien Positif Covid-19 di Belitung Dinyatakan Sembuh, Pasien Merupakan Pegawai Toko Baju dari Padang

Ilustrasi Covid-19. Net

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Satu pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung dinyatakan sembuh, Rabu (22/7/2020). Berarti hingga saat ini masih ada dua pasien positif Covid-19 yang masih di rawat.

Pasien yang sembuh yakni Pasien 1187 berinisial FY jenis kelamin perempuan berumur 25 tahun. Pasien ini merupakan pasien positif ke-18 yang ditemukan.

FY merupakan pegawai di sebuah toko baju yang datang dari Padang, Sumatera Barat. Ia terdeteksi Covid-19 saat akan kembali pulang ke Padang dan menjalani rapid test.

“Yang bersangkutan dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan uji PCR Spesimen Swab tenggorokan dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung Sahani Saleh (Sanem) melalui press release yang diterima KabarBabel.com, Rabu (22/7/2020).

Bupati Belitung ini mengatakan, Pasien 1187 mulai dirawat di ruang isolasi RSUD dr H Marsidi Judono pada 17 Juni 2020 lalu setelah menjalani rapid test pertama dengan hasil reaktif.

Dua hari kemudian, tepatnya 19 Juni 2020 pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab PCR. Selanjutnya pasien 1187 menjalani perawatan selama 35 hari.

Ia dirawat selama 22 hari di ruang isolasi di RSUD dr H Marsidi Judono dan 13 hari diisolasi di SKB. Selama diisolasi, kondisi Pasien 1187 sehat tidak ditemukan gejala klinis terkait Covid-19.

“Selain itu, perawatan dilakukan sesuai dengan prosedur perawatan Covid-19 dan rilis hasil swab PCR follow up terakhir sebanyak dua kali pemeriksaan, didapatkan hasil negatif. Dari hasil tersebut maka Pasien 1187 dinyatakan sembuh,” kata Sanem.

Sanem menambahkan dengan keluarnya hasil ini, Pasien 1187 adalah pasien ke-17 yang sembuh setelah menjalani perawatan di RSUD dr H Marsidi Judono.

Sampai hari ini Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 (GTPPC) sedang mengisolasi dan merawat dua pasien positif Covid-19 di ruang isolasi di SKB Belitung.

“Diimbau agar seluruh masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan. Dengan artian memakai masker atau face shield, jaga jarak, rajin mencuci tangan, serta jangan suka berkerumun,” imbau Sanem. (mg1)

About kabarbabel 2241 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.