Pulau Belitung Bertambah Empat Pasien Positif Covid-19

Konfrensi pers penambahan pasien positif Covid-19 di Beltim. (IST/Diskominfo Beltim)

TANJUNGPANDAN, KABARBABEL.COM – Pasien positif Covid-19 di Pulau Belitung kembali bertambah. Kali ini empat pasien dinyatakan positif Covid-19, tiga pasien di Beltim dan satu pasien di Belitung pada hari yang sama, Senin (20/7/2020).

Satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Belitung berinisial AB (25) yang selanjutnya disebut Pasien 1260. Pasien ini merupakan salah satu pegawai yang bekerja di PLTU 2 Bangka Belitung, Dusun Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung dr Hendra menyebutkan, pasien ini pulang ke Belitung dari Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/7/2020) lalu.

“Ya satu lagi positif, saat ini yang bersangkutan sedang menjalani isolasi di SKB. Pasien ini pulang ke Belitung tanggal 15 Juli kemarin menggunakan pesawat Sriwijaya Air dari Surabaya-Jakarta-Tanjungpandan,” ungkap dr Hendra melalui press release yang diterima KabarBabel.com, Senin (20/7/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD dr H Marsidi Judono ini juga menjelaskan, sebelumnya pasien ini berada di Jawa Timur untuk melakukan cuti dan kembali Belitung untuk bekerja.

Sebelum berangkat ke Belitung, pasien sudah dilakukan pemeriksaan rapid test di Surabaya pada tanggal 10 Juli dengan hasil non reaktif. Kemudian pada tanggal 19 Juli 2020 telah dilakukan rapid test di Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dengan hasil non reaktif.

Selanjutnya Pasien 1260 melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun saat menjalani isolasi mandiri, pasien mengeluhkan batuk berdahak dengan riwayat demam serta nyeri dada.

“Maka hari ini tanggal 20 Juli 2020 dilakukan pemeriksaan uji swab dan hasilnya positif,” kata dr Hendra.

Dengan bertambahnya pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung, sampai sekarang terdapat tiga orang pasien positif yang menjalani isolasi. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan.

“Apabila masyarakat pernah kontak dengan pasien yang bersangkutan agar segera melapor dan memeriksakan diri,” pesan dr Hendra.

Sedangkan pasien positif Covid-19 di Beltim bertambah tiga orang sehingga total saat ini menjadi 6 orang. Ketiga pasien tersebut yakni ADM (48), LRP (18), dan SAP (13).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Beltim Ikhwan Fahrozi dalam jumpa pers yang berlangsung di Kantor Bupati Beltim menyebutkan, total pasien positif Covid-19 di Beltim ada 6 orang. Dua diantaranya sudah sembuh.

Ketiga pasien terbaru ini pada tanggal 18 dan 19 Juli 2020 dilakukan pemeriksaan swab di UPT RSUD Beltim dan sampel dikirim ke Laboratorium RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

“Hari ini didapatkan hasil pemeriksaan TCM Xpert Express Laboratorium RSUD dr H Marsidi Judono pada ketiga orang tersebut dengan hasil positif atau terkonfirmasi Covid-19,” jelas Sekda Ikhwan yang juga sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Beltim.

Penambahan jumlah pasien terpapar virus ini diperoleh dari hasil tracking pasien positif Covid-19 sebelumnya. Dimana berdasarkan pemeriksaan terhadap hasil uji swab terhadap 2 orang OTG dan 1 orang PDP, ketiga orang tersebut pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, THS. (mg1/als)

About kabarbabel 2056 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.