Tiga Wilayah Ini Jadi Pemasok Hewan Kurban di Kabupaten Bangka

Foto : Antara

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Tiga wilayah yakni Madura, Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi pemasok hewan kurban di Kabupaten Bangka.

Dokter Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Sapriyanti menyebutkan, meski dipasok dari luar namun kondisi kesehatan hewan di cek. Mulai dari ujung kepala ke ujung kaki.

“Ini untuk memastikan tidak ada penyakit kulit, mata atau penyakit lain di hewan kurban,” kata dia, Kamis (16/7).

Bagi yang sehat sambung Yanti, hewan di berikan label sehat dan yang tidak diberikan label. Disarankan bagi penjual atau pemilik untuk melakukan perawatan, dan tim akan kembali mengecek ke lokasi guna menjamin, sekaligus memberikan label sehat bagi hewan kurban.

“Dimana dari hasil pemeriksaan sekitar 80 persen hewan dalam kondisi sehat dan selebihnya perlu menjalani perawatan,” tambahnya.

Hewan kurban sapi dan kambing yang di persiapkan untuk kurban di Kabupaten Bangka, dikatakan Sapriyanti dipasok dari daerah luar seperti Madura, Lampung dan Sumatera Selatan.

Sementara, Kasi Kesehatan Hewan Pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Krisnaningsih mengatakan, untuk pemantauan dan pemeriksaan menjelang Idul Adha ini sudah dilakukan tim. Dengan masing – masing mengakomodir pada pedagang yang menyediakan hewan kurban di kecamatan untuk lebaran nanti.

“Ada 2 tim yang melakukan pemantauan, dengan masing – masing di pimpin 1 orang dokter hewan, untuk mengakomodir 8 kecamatan di Kabupaten Bangka,” tutupnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2048 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.