Pak Gubernur, Kok BST Provinsi Tak Kunjung Cair?

Ketua APDESI Kabupaten Bangka Syaiful Ahyar. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka mempertanyakan Bantuan Sosial Tunai (BST) Provinsi Bangka Belitung yang tak kunjung cair. Padahal, data penerima BST sudah lama diberikan ke provinsi.

Ketua APDESI Kabupaten Bangka Syaiful Ahyar menjelaskan, ada 50 kepala keluarga setiap desa yang direncanakan bakal menerima BST Provinsi Babel.

“Data penerima BST itu sudah lama kita berikan ke provinsi. Ada 50 kepala keluarga yang direncanakan mendapatkan BST. Namun hingga sekarang BST tak kunjung cair,” keluh Syaiful ditemui di Kantor Desa Air Duren, Rabu (15/7).

Syaiful mengatakan, besaran BST yang diberikan adalah Rp600 ribu per kepala keluarga. Penerima BST tidak terakomodir di bantuan lain. Seperti BST Kementerian Sosial (Kemensos), bantuan Kabupaten Bangka hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa.

“Kita sudah melakukan pendataan. Penerima BST Provinsi Babel tidak mencakup di dalam bantuan lainnya. Tidak boleh ada yang double. Kita pastikan tepat sasaran. Hanya saja gimana, dana tak kunjung cair,” ujarnya bingung.

Syaiful tak menampik jika ia menjadi sasaran masyarakat. Tak sedikit kata dia, masyarakat mempertanyakan kenapa BST Provinsi Babel belum juga cair. “Kita bingung mau menjelaskannya gimana, tapi memang pada dasarnya bantuan itu belum cair,” ucapnya.

Untuk itu, Kades Air Duren ini meminta penjelasan dan klarifikasi dari Gubernur dan DPRD Provinsi Babel. “Pak gubernur, DPRD Babel harus memberikan klarifikasi. Tidak hanya surat tapi juga di media. Biar semua tahu. Apa penyebab BST ini tak kunjung cair,” ucapnya.

Syaiful berharap, jika bantuan berupa uang tak bisa dicairkan oleh provinsi. Dapat diganti dengan bantuan berupa sembako. “Yang penting ada kejelasan sehingga kita tidak ditanya lagi oleh masyarakat,” tutupnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2065 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.